Kekecewaan mendalam tampak mengerubungi fans FC Barcelona usai mendengar kabar bahwa Lionel Messi resmi meninggalkan Barcelona. Ini terlihat dari ekspresi suram yang membaluti para supporter setia Blaugrana saat mendatangi stadion Camp Nou pada 5 Agustus 2021 usai pengumuman.

Despite FC Barcelona and Lionel Messi having reached an agreement and the clear intention of both parties to sign a new contract today, this cannot happen because of financial and structural obstacles (Spanish Liga regulations). – FC Barcelona


Fakta Unik Stadion Barcelona Yang Ditinggalkan oleh Messi 1





Walaupun masih belum diketahui klub mana yang akan menjadi rumah selanjutnya bagi Lionel Messi, tak dipungkiri Barcelona telah menjadi saksi sejarah perkembangannya sejak ia tiba saat umur 13 tahun. Sembari mengingat kembali karir gemilang pemain asal Argentina ini, yuk simak fakta unik stadion Barcelona, yaitu Camp Nou, yang kini ditinggalkan oleh Lionel Messi setelah 20 tahun bersama.


Bukan yang pertama

Dalam sejarah awal kehadiran FC Barcelona, Les Corts merupakan stadion pertama yang dijadikan basis bagi klub bola ini. Akan tetapi, arena yang diinagurasi pada tahun 1922 ini, tak mampu mengakomodasi penggemar klub yang jumlahnya semakin banyak. Sejumlah usaha ekspansi ruang yang tercatat pada tahun 1944, 1946, 1950 telah dilakukan. Namun dinilai masih tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan klub yang terus berkembang. Maka, dimulailah inisiasi untuk membangun home stadium baru bagi klub bola ini.


Fakta Unik Stadion Barcelona Yang Ditinggalkan oleh Messi 2

Les Corts / Barcelo


Baca juga, Fakta Menarik Stadion-Stadion Piala Dunia 2018


Berkat usaha 2 presiden klub berasal dari periode berbeda

Ditengah diskusi alot mengenai pemindahan lokasi home stadium sejak tahun 1948, keputusan presiden Agustí Montal y Galobart dapat dikatakan menjadi salah satu penggerak akan rencana pindah ini. Pada September 1950, beliau memutuskan untuk membuat opsi dengan membeli lahan di kawasan La Maternidad yang nantinya menjadi lokasi Camp Nou. Perjuangan selanjutnya dilanjutkan oleh presiden Francesc Miró-Sans yang dikenal pro akan membangun gedung baru sejak ia dilantik. Hal pertama yang ia lakukan setelah terpilih menjadi presiden adalah memutuskan lahan yang dibeli pada tahun 1950 sebagai lokasi baru stadion hingga akhirnya pada 28 Maret 1954 diadakan peletakan batu pertama.


Nama resmi sebelum Camp Nou

Pertama kali dibuka sejak 24 September 1957, stadion ini memiliki nama yang berbeda sebelum beralih menjadi Camp Nou. Nama resmi yang pertama kali diajukan adalah Estadi del FC Barcelona. Namun, lambat laun stadion justru dikenal dengan nama Camp Nou atau yang berarti new ground. Hingga akhirnya pada musim 2000/2001 klub mengadakan voting pemilihan nama dengan 68,25% pemilih lebih menghendaki Camp Nou sebagai nama resmi stadion utama FC Barcelona.


Biaya 430% lebih besar dari perkiraan awal

Dirancang oleh arsitek Francesc Mitjans Miró dan Josep Soteras Mauri, stadion ini diperkirakan selesai dibangun dalam waktu 18 bulan dengan estimasi biaya 66.620.000 pesetas. Akan tetapi, perkiraan ini meleset jauh. Pada akhirnya, stadion membutuhkan biaya hingga 288 juta pesetas atau 430% lebih besar ketimbang pertimbangan awal.


Fakta Unik Stadion Barcelona Yang Ditinggalkan oleh Messi 3

Camp Nou di masa kini


Pemain pertama yang bertanding di Camp Nou

Pembukaan stadion berkapasitas 99.354 ini diisi dengan beragam rangkaian acara yang festive. Salah satunya dalah pertandingan persahabatan bersama Polish side Warsam. Dalam ajang ini, deretan pemain yang pertama kali turun serta menggunakan Camp Nou adalah Ramallets, Olivella, Brugué, Segarra, Vergés, Gensana, Basora, Villaverde, Martínez, Kubala, dan Tejada. Dimenangkan oleh FC Barcelona dengan skor 4-2, babak kedua pertandingan menghadirkan beberapa pemain lain seperti, Gràcia, Flotados, Bosch, Hermes, Ribelles, Sampedro, dan Evaristo.


Lokasi Pembukaan Piala Dunia 1982

Usai meningkatkan kapasitas pada tahun 1982 sehingga memiliki ruang untuk menampung hingga 115.000 penonton, Camp Nou digunakan menjadi lokasi dalam acara pembukaan Piala Dunia pada tahun 1982. Tak hanya itu saja, pertandingan pertama dalam ajang olahraga ini pun turut di lakukan di home basis Barcelona ini.




Fakta Unik Stadion Barcelona Yang Ditinggalkan oleh Messi 4

Pembukaan Piala Dunia 1982


Baca juga, Zaha Hadid Rancang Stadium untuk FIFA World Cup Qatar


Proyek renovasi Camp Nou pada 2016

Firma arsitektur terbesar asal Jepang, yaitu Nikken Sekkei dan studio asal Barcelona Pascual i Ausió terpilih sebagai pelaksana proyek renovasi Camp Nou pada tahun 2016. Sembari mempertahankan struktur yang ada, arsitek berencana mengekspansi kapasitas tempat duduk serta penutup atap untuk menaungi area seluas 47.000 m2. Dengan demikian, pengunjung dapat terlindungi walaupun menghadapi berbagai macam kondisi cuaca.

"In short, it is a unique solution, reproducing the characteristic vision of the grandstand and canopy, from the inside out, a silent and powerful tribute to the stadium built by Francesc Mitjans in 1957," – FC Barcelona


Fakta Unik Stadion Barcelona Yang Ditinggalkan oleh Messi 5

New Camp Nou / NIkken Sekkei


Ketidakjelasan kelanjutan proyek renovasi

Penurunan pendapatan klub terutama akibat pandemi, membuat proyek renovasi yang direncanakan rampung pada 2021 mengalami penundaan. Tak hanya renovasi pada stadium utama, rencana teranyar untuk beberapa proyek di site Espai Barça, seperti Palau Blaugrama juga mengalami ketidakjelasan.

Whatever happened, let's hope for the best to FC Barcelona!


*UPDATE

Pada 11 Agustus 2021, Lionel Messi diberitakan resmi bergabung dengan Paris Saint-German (PSG) dengan kontrak selama 2 tahun.


Sumber Foto: FC Barcelona