Tas sudah menjadi salah satu barang yang pasti dimiliki oleh setiap orang. Khususnya wanita, biasanya memiliki lebih dari satu model tas, yang dipakai sesuai kebutuhan dan tema acara. 


Lebih dari sekedar kegunaannya, bagi beberapa orang, memiliki lebih dari satu model tas adalah hobi. Buat Anda yang hobi mengoleksi tas, tentu membutuhkan tempat tas khusus untuk membuatnya terlihat rapi. 





Berikut ini beberapa ide menyimpan koleksi tas yang Anda miliki, agar lebih rapi dan awet. 


1. Menyimpan tas di lemari tas khusus yang terpisah dengan lemari pakaian

cara menyimpan tas

(californiaclosets.com)


Jika Anda memiliki ruang yang cukup luas dan budget yang memadai, Anda bisa mempertimbangkan untuk menyediakan lemari khusus tas. Lemari tas ini biasanya terdiri dari beberapa compartment -- satu compartment bisa memuat dua tas ukuran sedang. Buat lemari tas khusus ini terpisah dengan lemari pakaian, sehingga Anda bisa lebih leluasa untuk mengatur koleksi tas -- bisa sesuai warna dan model -- sekaligus ajang untuk memamerkan koleksi tas yang Anda miliki. 


Jika Anda tidak ingin koleksi tas cantik Anda kotor atau berdebu, Anda bisa menambahkan pintu kaca untuk menjaganya tetap bersih. Lengkapi dengan pencahayaan yang baik agar deretan koleksi tas Anda semakin terlihat cantik. 


2. Menyimpan tas di lemari tas model etalase

cara menyimpan tas

(apartmenttherapy.com)


Untuk menyimpan koleksi tas, Anda bisa meniru ide lemari tas model etalase ini. Gunakan rak terbuka -- bisa membuatnya sendiri (custom) atau membelinya -- kemudian tata koleksi tas sesuai dengan keinginan Anda. Selain berfungsi untuk menyimpan koleksi tas, lemari tas model etalase ini juga bisa jadi pelengkap dekorasi kamar. 


3. Menyimpan tas menggunakan rak dinding

cara menyimpan tas

(eleventhirtyshop.com)


Jika Anda tidak memiliki cukup ruang untuk dua model lemari tas sebelumnya, Anda bisa menggunakan rak dinding untuk menyimpan dan memajang beberapa koleksi tas yang Anda miliki. 


Anda dapat memasang hanya satu atau lebih rak dinding untuk menampung koleksi tas favorit Anda. Ini juga berfungsi baik sebagai solusi penyimpanan dan dekorasi ruangan. Ada banyak pilihan ukuran dan model rak dinding yang sesuai dengan kebutuhan penyimpanan Anda dan cocok dengan dekorasi ruangan.


4. Menyimpan tas menggunakan hanging bag organizer

cara menyimpan tas

(inspireuplift.com)


Menyimpan koleksi tas dengan menggunakan hanging bag organizer bisa menjadi solusi cerdas menyimpan tas tanpa memerlukan space khusus. Mengapa begitu? Ini karena, hanging bag organizer ini hanya cukup Anda gantung di lemari pakaian dan masukan tas ke dalam kantongan yang tersedia. Biasanya, penyimpanan tas khusus ini terbuat dari kombinasi kain tebal dan plastik cover, agar tas tetap bersih, rapi, dan nyaman dilihat. 


5. Menyimpan tas di lemari tas kombinasi compartment dan gantung


(apartmenttherapy.com)


Model lemari tas yang satu ini menggabungkan antara horizontal compartment dan rak tas gantung. Untuk model sling bag -- yang memiliki tali tas yang cukup panjang -- bisa Anda gantung pada bagian rak gantung, sedangkan untuk handbag atau clutch bisa Anda atur pada bagian horizontal compartment. 




6. Menyimpan tas menggunakan rak tas vertikal

cara menyimpan tas

(Amazon.com)


Ide menyimpan koleksi tas berikutnya yaitu dengan menggunakan rangka besi tipis yang direkatkan di dinding atau belakang pintu. Ini adalah metode hemat-ruang yang bagus untuk menyimpan koleksi handbag. 


Jika koleksi tas yang Anda miliki tidak terlalu banyak, Anda juga bisa menggunakan hook yang dikaitkan di dinding atau belakang pintu untuk menyimpan tas. 


7. Menyimpan tas dengan acrylic organizers

cara menyimpan tas

(containerstore.com)


Jika Anda memiliki banyak tas model purses atau clutch, Anda bisa menggunakan acrylic organizers untuk menyimpan dan memamerkan beberapa koleksi tas favorit Anda. 


8. Menyimpan tas di lemari tas putar

cara menyimpan tas

(theheritagewardrobecompany.com)


Lemari tas putar merupakan ide cerdas memiliki banyak ruang untuk menata dan menyimpan koleksi tas tanpa membutuhkan ruang yang cukup luas. Pada dasarnya, lemari tas putar ini merupakan lemari tas pada umumnya -- yang terdiri dari banyak compartment -- namun berputar sehingga memiliki banyak ruang. 


9. Menyimpan tas di rak buku

cara menyimpan tas

(Ikea.com)


Jika Anda tidak ingin memasang rak dinding, Anda bisa mempertimbangkan untuk menyimpan koleksi tas menggunakan rak buku. Bahkan, Anda tidak perlu membelinya jika Anda memiliki rak buku yang tidak terpakai di gudang. 


Ada banyak ukuran rak buku yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Agar tas Anda tetap berdiri tegak, Anda bisa menggunakan pembatas rak. Dengan begitu, koleksi tas Anda akan terlihat lebih rapi. 


Itulah beberapa ide untuk menyimpan koleksi tas yang Anda miliki. Jika Anda memiliki cukup ruang dan budget, Anda bisa menyediakan lemari tas terpisah untuk menyimpan koleksi tas yang Anda miliki, tetapi Anda selalu dapat menyimpan koleksi tas dengan cara-cara yang lebih praktis dan tidak memerlukan ruang dan biaya yang banyak. 




(Teaser: Cottonbro on Pexels)