Tanaman hias merupakan solusi tepat untuk mempercantik taman atau interior rumah. Keberadaan tanaman hias dapat memberikan berbagai manfaat, ini termasuk meningkatkan kualitas udara, memperbaiki suasana hati, dan menurunkan stres. Namun, tinggal di negara tropis seperti di Indonesia, membuat kita mendapatkan musim panas yang lebih panjang. 


Cuaca panas bisa menjadi salah satu faktor yang membuat tanaman hias -- terutama tanaman hias yang tidak tahan panas -- cepat layu dan tidak tumbuh dengan baik. Tetapi berbeda dengan tanaman hias tahan panas, yang tidak kalah dengan cuaca panas dan biasanya lebih tahan air. Berikut ini beberapa pilihan tanaman hias tahan panas. Intip rekomendasinya di sini!





1. Kaktus

Tanaman tahan panas

(Scott Webb / pexels.com)


Sudah menjadi rahasia umum jika kaktus adalah salah satu tanaman hias yang tahan terhadap cuaca panas. Ini karena, habitat asli tanaman kaktus adalah gurun pasir yang sangat panas. Kaktus menyimpan cadangan air di batangnya, dan air tidak mudah menguap di suhu panas karena permukaan batang kaktus yang berduri dan berlapis lilin. Dari segi perawatan, tanaman hias ini terbilang cukup mudah karena Anda hanya perlu menyiraminya satu sampai dua minggu sekali.


Habitat asli tanaman kaktus adalah terletak di gurun pasir atau padang pasir. Di habitat aslinya, kaktus dapat tumbuh hingga dua meter. Namun, untuk dekorasi rumah Anda bisa memilih kaktus mini yang tidak kalah cantik -- ini bisa diletakkan di sudut ruangan dekat jendela atau sebagai dekorasi meja. 


2. Bunga Pentas (Pentas lanceolata)

tanaman tahan panas

(provenwinners.com)


Bunga Pentas, atau dikenal juga sebagai Pentas lanceolata, adalah bunga yang tahan terhadap suhu panas. Bunga ini adalah salah satu bunga yang rajin berbunga, dalam setahun dapat berbunga hingga empat kali. 


Karakteristik bunga Pentas yakni berukuran mungil dan bergerombol membentuk setengah lingkaran, yang memiliki beragam warna seperti merah, pink, ungu, dan putih. 


Tak memerlukan perawatan yang rumit, bunga pentas dapat tumbuh subur di cuaca yang panas. Namun, Anda tetap perlu menyiram bunga ini satu kali sehari -- jangan terlalu banyak menyiram air karena akan membuat akar bunga menjadi busuk.


3. Lili paris

tanaman tahan panas

(anselandivy.com)


Pilihan tanaman hias tahan panas berikutnya yaitu Lili paris. Tanaman hias ini terbilang cukup populer di Indonesia. Lili paris memiliki daun berbentuk panjang dan meruncing pada bagian ujungnya, dengan kombinasi warna hijau dan putih. Tanaman Lili paris sehingga sangat cocok dijadikan dekorasi baik di dalam maupun luar ruangan. Namun perlu diperhatikan, saat cuaca sedang sangat terik utamakan bagian tanah agar tetap lembap sehingga tidak mengganggu kondisi tanaman Lili paris. 


4. Lidah mertua

tanaman tahan panas

(hortology.co.uk)


Tanaman lidah mertua tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda. Lidah mertua, atau Sansevieria, adalah tanaman hias yang dapat tumbuh dengan baik di cuaca yang panas. Ini karena, tanaman lidah mertua merupakan tanaman gurun, sehingga tak heran jika tanaman ini sangat menyukai panas. Meskipun begitu, lidah mertua tidak membutuhkan sinar matahari langsung untuk tumbuh dengan baik. 


Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya untuk meletakkan tanaman lidah mertua di tempat yang masih terkena sinar matahari, tetapi tidak langsung. Untuk penyiraman, Anda juga tidak perlu menyiram tanaman lidah mertua terlalu sering, terlebih saat musim hujan. 


Tak hanya cocok untuk mempercantik halaman rumah, tanaman lidah mertua juga cocok untuk mempercantik interior rumah. Selain mempercantik rumah, menurut penelitian tanaman lidah mertua juga mampu menetralisir udara kotor dan menyerap bau. 


5. Siklok

tanaman tahan panas

(Anna McEnaney / mygarden.org)




Siklok, atau dikenal juga sebagai Agave Attenuate, adalah tanaman hias yang mampu bertahan pada cuaca yang sangat panas dan kering. Uniknya dari tanaman hias ini terletak pada daunnya yang meruncing dan bertumpuk menyerupai kelopak bunga. Warna daunnya yang hijau dengan sedikit warna putih bisa menciptakan kesan lebih asri dan segar. 


6. Kembang sepatu

tanaman tahan panas

(Jess Loiterton / pexels.com)


Tanaman hias tahan panas berikutnya yaitu Kembang sepatu. Bunga Kembang sepatu memiliki karakteristik bunga yang besar dengan beragam warna yang mencolok, seperti merah, pink, kuning, oranye, dan ungu, serta tidak berbau. Meskipun termasuk tanaman tahan panas, Kembang sepatu sangat menyukai kelembapan tinggi, jadi Anda perlu menyiramnya secara rutin -- jangan sampai membuat tanahnya terlalu basah. Selain itu, agar Kembang sepatu dapat tumbuh dengan subur, Anda juga perlu memberinya pupuk secara berkala.


7. Bunga Kamboja (Plumeria)

tanaman tahan panas

(Pixabay / pexels.com)


Tak hanya Kembang sepatu dan bunga Pentas saja, bunga Kamboja (Plumeria) juga termasuk tanaman bunga tahan panas. Meskipun identik sebagai bunga yang banyak ditanam di area pemakaman, namun bunga Kamboja juga cocok untuk ditanam sendiri di pekarangan sebagai tanaman hias untuk mempercantik rumah. 


Karakteristik tanaman ini yaitu berbentuk pohon dengan tinggi bisa mencapai 6 meter dan memiliki berbagai warna bunga seperti merah, kuning, dan putih, atau kombinasi. 


Bunga kamboja plumeria tergolong tanaman yang mudah untuk ditanam dan tidak memerlukan perawatan khusus. Cukup siram tanaman secara rutin dan jangan terlalu banyak memberi air. Supaya tumbuh dengan baik, tanaman Kamboja juga membutuhkan cahaya matahari yang cukup. 


8. Bunga Euphorbia

tanaman tahan panas

(Adonis Arias / pexels.com)


Pilihan tanaman bunga tahan panas lainnya yaitu bunga Euphorbia. Ini merupakan salah satu tanaman hias yang cukup banyak ditanam dan populer di Indonesia. Bentuk bunga Euphorbia sangat unik dan cantik, yakni mahkota bunga yang membentuk sebuah dompolan sehingga bisa menutupi sekujur batangnya. Pada bagian batangnya, terdapat banyak duri tajam dan berukuran cukup panjang. 


Jenis bunga ini tidak mampu bertahan hidup di tempat yang lembap dan tergenang air. Ini bisa membuat akarnya cepat membusuk dan menghambat pertumbuhannya. Termasuk ke dalam daftar tanaman hias tahan panas, wajar saja jika bunga Euphorbia membutuhkan cahaya matahari yang berlebih guna mendukung tumbuh kembangnya. 


9. Bunga Bougenville

tanaman tahan panas

(growjoy.com)


Bunga Bougenville, atau dikenal juga sebagai bunga kertas, merupakan tanaman hias yang wajib dipertimbangkan saat Anda mencari tanaman hias tahan panas. Dari segi perawatan, tanaman bunga tahan panas  ini terbilang mudah untuk dirawat, karena Anda tak perlu sering-sering untuk menyiramnya. Meskipun begitu, Anda tetap harus memerhatikan media tanam, pemupukan, dan pemangkasan secara berkala agar bunga Bougenville dapat tumbuh dengan baik dan menghasilkan bunga yang cantik. 


10. Bunga Geranium

tanaman tahan panas

(Caleb Woods / unsplash.com)


Pilihan tanaman hias tahan panas berikutnya yaitu bunga Geranium, yang dikenal memiliki bunga yang cantik. Bunga geranium memiliki kemampuan beradaptasi dengan baik di cuaca yang panas. Merawat tanaman hias ini juga bisa dikatakan sangat mudah, karena Anda tidak perlu menyiramnya terlalu sering, cukup sesekali saat tanah terlihat kering. Selain itu, berikan pupuk secara berkala agar geranium mendapat nutrisi dan bisa tumbuh dengan baik. 



(Teaser: Hoang Thanh on unsplash.com)