Pada saat musim panas, suhu di Korea bisa mencapai 30 derajat Celcius -- mungkin lebih -- dengan tingkat kelembapan yang tinggi, sehingga tak heran banyak orang yang lebih memilih untuk menghabiskan waktu di pantai, waterparks, atau ruangan ber-AC untuk menghindari panas. Cara lain untuk menyiasati serangan panas adalah dengan menyantap makanan yang menyegarkan, atau makanan yang disajikan dalam keadaan dingin. 


Jika Anda berencana untuk berlibur selama musim panas di Korea, intip rekomendasi makanan dingin Korea di bawah ini!





1. Naengmyeon

makanan dingin korea

(Hyosun @koreanbapsang / Instagram)


Naengmyeon, atau disebut juga cold noodles, adalah sajian mie gandum yang paling disukai saat musim panas. Terdapat dua jenis Naengmyeon, yakni Mul Naengmyeon dan Bibim-Naengmyeon. Perbedaan dua sajian Naengmyeon ini terletak pada cara penyajiannya. Mul Naengmyeon biasa disajikan dengan kuah kaldu dingin, sedangkan Bibim-Naengmyeon biasa disajikan dengan saus merah pedas. 


Naengmyeon disajikan bersama dengan sayuran, pir, irisan daging, irisan telur rebus, dan es batu. Makanan dingin ini menjadi salah satu makanan hidangan musim panas paling populer. 


2. Naeng Kongguksu

makanan dingin korea

(Hyosun @koreanbapsang / Instagram)


Naeng Kongguksu adalah mie dengan kuah kedelai dingin, yang sangat menyegarkan untuk disantap di hari yang panas dan lembap. Makanan ini dipenuhi dengan protein yang berasal dari kacang kedelai. Naeng Kongguksu biasa disajikan dingin bersama dengan irisan mentimun, telur rebus, dan tomat.


3. Chogye guksu

makanan dingin korea

(Korea Tourism @ktoid / Instagram)


Makanan dingin lainnya yaitu Chogye guksu. Ini adalah hidangan mie dingin yang terbuat dari kaldu ayam dingin, mie, sayuran segar, dan topping ayam suwir tipis. Chogye guksu menawarkan rasa yang sederhana namun kuat, menyegarkan, dan aroma yang khas.


4. Makguksu

makanan dingin korea

(Yeonmin JOO @queenbeejoo / Instagram)


Beberapa dari Anda mungkin sudah pernah mendengar makanan yang satu ini, karena cukup sering disebutkan dan muncul dalam drama Korea. Makguksu adalah hidangan mie buckwheat dingin yang disajikan dalam kaldu dingin, bersama dengan irisan mentimun, sayuran, daging, telur rebus, dan diatasnya diberi sedikit pasta cabai merah. Mie dalam Makguksu memiliki tekstur yang lebih kenyal, karena terbuat dari tepung buckwheat




5. Bibim guksu

makanan dingin korea

(Bloom's kitchen @faimdefleur / Instagram)


Jika Anda menyukai makanan pedas, mungkin Anda wajib untuk mencoba Bibim guksu. Bibim guksu adalah makanan dingin populer lainnya yang biasa disajikan bersama dengan irisan daging sapi, irisan acar mentimun, irisan telur rebus, taburan biji wijen, dicampur dengan mie tipis (somyeon) -- terbuat dari tepung terigu -- yang sudah dibumbui sebelumnya. 


Setelah dimasak, cuci mie tipis (somyeon) menggunakan air dingin, kemudian campurkan mie dengan gochujang, kecap asin, gula, bubuk cabai merah, minyak wijen, dan bawang putih yang sudah dicincang halus. Campuran bumbu-bumbu inilah yang membuat bibim guksu memiliki rasa yang khas, yakni pedas manis. 


6. Memil guksu

makanan dingin korea

(Kongsedek @kongsedek / Instagram)


Memil guksu, atau disebut sebagai mie soba tradisional Korea Selatan, merupakan sajian mie yang disajikan dengan kaldu kimchi dengan potongan es, mentimun, sayuran, irisan telur, daun bawang, dan daging yang dicampur dengan pasta cabai merah -- jika Anda suka rasa yang lebih pedas. Memil guksu bisa menyegarkan pada hari-hari sangat panas di musim panas. 


7. Patbingsu

makanan dingin korea

(Hyosun @koreanbapsang / Instagram)


Patbingsu adalah hidangan penutup (dessert) yang sangat populer dan digemari, terutama pada saat hari-hari panas yang terik. Patbingsu terdiri dari es serut yang ditaburi buah-buahan, kacang merah manis, kacang-kacangan, permen, dan susu kental manis. 



(Teaser: Dionysius Samuel on Unsplash)