Dapur merupakan salah satu ruangan penting di dalam rumah yang keindahan dan kenyamanannya sangat perlu untuk dipertimbangkan. Dapur berfungsi sebagai tempat untuk memasak atau menyantap hidangan. Supaya Anda makin semangat menghidangkan makanan untuk orang yang Anda sayangi, tidak ada salahnya untuk mencoba membuat dapur Anda lebih cantik dengan memilih jenis pintu kabinet favorit Anda! 

Terdapat berbagai macam gaya desain pintu kabinet yang dapat Anda aplikasikan pada dapur, CASA Indonesia telah merangkum 9 gaya pintu kabinet dapur yang dapat menjadi inspirasi untuk mempercantik dapur Anda.





1. Shaker Style


Jenis shaker style sangat cocok untuk Anda yang memiliki karakteristik dapur tradisional hingga kontemporer. Salah satu kelebihan yang dimiliki oleh style ini adalah serbaguna serta desainnya yang dapat menyesuaikan dengan berbagai dekorasi baik tradisional maupun modern.


2. Raised Panel Style

Hartville Cabinet

Raised panel style cocok digunakan untuk karakteristik ruang klasik dan juga tradisional. Jenis pintu kabinet ini menawarkan kecantikan melalui ornamen yang memiliki detail ekstra namun kekurangannya semakin banyak detail yang ditambahkan semakin mahal pula budget yang akan Anda keluarkan untuk kabinet ini.


3. Mullion Style

Decor Pad

Untuk Anda yang ingin memiliki nuansa klasik pada dapur Anda, style pintu kabinet yang satu ini cocok banget loh! Tampilan jendela pada pintu kabinet ini memberikan aksen luas dan cantik pada interior dapur. Namun jenis ini memiliki kekurangan dikarenakan dapat menangkap banyak debu dan lemak, sehingga lebih sulit untuk dibersihkan dibandingkan jenis pintu kabinet yang lain.


4. Flat/Slab Style


Pasti udah ga asing dong dengan jenis pintu kabinet yang satu ini. Jenis Flat Cabinets ini sangat cocok loh buat tipe dapur modern dan kontemporer. Kesan bersih, halus dan minimalis pada style ini cocok dipadupadankan dengan elemen agar dapat memperindah interior dapur anda.

5. Louvred Style

Decor Pad

Bagi anda yang bosan dengan tampilan flat sangat disarankan mencoba jenis pintu kabinet yang satu ini. Selain tekstur yang menarik jenis ini juga sangat cocok untuk lemari yang membutuhkan ventilasi seperti lemari dekat radiator maupun ruang cuci.


6. Inset Style





Style kabinet yang satu ini cocok dipakai untuk berbagai karakteristik desain dapur mulai dari karakteristik tradisional sampai modern. Garis tegas pada style inset memberi tampilan menarik pada pintu kabinet dapur. Namun, kekurangan style ini adalah harganya yang mahal di pasaran karena membutuhkan tingkat presisi yang lebih tinggi saat proses pembuatannya.


7. Beadboard Style 

Hunker

Jenis pintu kabinet Beadboard memiliki tampilan yang sangat menarik. Jenis ini dapat membantu menambah nuansa pedesaan pada dapur Anda. Anda dapat memilih untuk meletakkannya hanya di pintu atau juga menambahkan komponen yang cocok pada laci. Bagi Anda yang gemar dapur pedesaan, style ini dapat melengkapi balok langit-langit kayu dan perabotan yang ada pada dapur Anda.


8. Arch Style


Lexi Westergard Design

Wah style yang satu ini masih jarang loh kita temukan di dapur. Arch style cabinets ini dapat mempercantik dapur Anda dengan lengkungan pada kabinet yang menimbulkan kesan dinamis dan on point pada dapur Anda, sehingga membuat dapur Anda tampil berbeda dari berbagai dapur lainnya. Namun kekurangan dari style ini adalah membutuhkan lebih banyak space dalam peletakannya dan juga biaya yang relatif mahal dalam pembuatannya.


9. Cathedral Style


Style pintu kabinet yang satu ini unik banget ya! Bagi Anda yang ingin menambahkan elemen desain lain di dapur Anda, pintu kabinet dengan style yang satu ini sangat cocok untuk Anda, Pintu kabinet Katedral dibulatkan dengan lengkungan di bagian atas, yang berasal dari periode abad pertengahan. Elemen lengkungan pada style ini dapat menambah kemewahan dan keindahan pada dapur Anda loh!


Sekarang sudah tahu kan seperti apa saja desain kabinet yang bisa Anda gunakan untuk mempercantik dapur Anda? Jadi, selamat memilih jenis pintu kabinet yang sesuai dengan kebutuhan serta selera Anda!


Sumber Foto Teaser: Wahana Architects
Teks oleh: Najwa Chika Salsabila