Setelah beragam spekulasi yang beredar terkait rencana transfer Cristiano Ronaldo, akhirnya fans pemain bola asal Portugal ini mendapatkan jawabannya. Walau masih memiliki sisa kontrak di bawah 1 tahun bersama Juventus, CR7 mengejutkan dengan pengumuman transfer kembali ke tim lamanya, yaitu Manchester United.


Today I depart from an amazing club, the biggest in Italy and surely one of the biggest in all of Europe. I gave my heart and soul for Juventus and I’ll always love the city of Turin until my final days. The “tifosi bianconeri” always respected me and I tried to thank that respect by fighting for them in every game, every season, every competition. In the end, we can all look back and realize that we achieved great things, not all that we wanted, but still, we wrote a pretty beautiful story together. - Cristiano Ronaldo





@manchesterunited


Striker yang dikenal sebagai peraih Ballon d’Or selama lima kali ini, mengusung karir gemilang bersama The Red Devil di bawah asuhan Sir Alex Ferguson sejak tahun 2003 hingga 2009. Setelah Manchester United, Cristiano juga dikenal sebagai top scorer dalam sejarah Real Madrid dengan total 451 gol dalam 438 pertandingan bersama Los Blancos. Hingga pada tahun 2019, ia menandatangani kontrak 4 tahun bersama Juventus dan mulai mengembangkan kariernya di Serie A. 


Cristiano Ronaldo saat momen kembali ke Manchester United / AFP


Bisa disebut sebagai blockbuster move dalam periode transfer tahun ini, Cristiano kembali ke Old Trafford dengan fee senilai hampir 255 miliar rupiah dengan tambahan 136 miliar rupiah. Klub bola yang telah beroperasi selama kurang lebih 140 tahun ini dikenal dengan home stadium Old Trafford yang berlokasi di Manchester, United Kingdom. Sembari menanti performa pemain yang pernah ikut andil dalam membantu Red Devil meraih 3 title Premier League, yuk simak fakta menarik yang disimpan oleh Old Trafford si rumah lama yang didatangi kembali oleh Cristiano Ronaldo setelah 12 tahun.


Bukan rumah pertama

Pada awalnya, Manchester United bermain di North Road, lalu Bank Street dekat dengan kawasan Clayton. Namun, akibat kualitas pitch yang kurang bagus serta polusi udara yang berasal dari pabrik dalam kawasan ini, memicu presiden klub di masa itu, yaitu John Henry Davies untuk memindahkan home basis United ke area Old Trafford yang dikenal di masa kini.


Arti Nama Old Trafford

Diapit di antara Bridgewater Canal pada sisi utara dan jalur kereta pada sisi selatan, Old Trafford mencuri perhatian ditengah kawasan industrial serta perumahan di sekitarnya. Dengan kapasitas 80.000, stadion ini memiliki nama yang berarti The Theatre of Dreams.


Tahun 1910 / Stadium Guide 


Baca juga, Fakta Unik Stadion Barcelona Yang Ditinggalkan oleh Messi


Stadion yang berusia lebih dari 1 abad

Resmi dibuka dengan pertandingan antara Manchester United vs Liverpool pada tanggal 19 Februari 1910, stadion klub yang kini diasuh oleh Ole Gunnar Solskjaer ini tercatat telah berusia lebih dari 1 abad atau lebih tepatnya 111 tahun. Pada awalnya, bangunan arena ini terdiri dari area duduk yang memiliki atap serta teras terbuka pada ketiga sisi lapangan. 


Manchester United


Sejarah yang tragis

Dalam sejarahnya, Old Trafford pernah digunakan sebagai tempat menampung sumber daya militer selama perang dunia kedua. Lalu pernah rusak parah akibat dua serangan bom, yaitu pada 22 Desember 1940 dan 11 Maret 1941. Kerusakan ini turut mengenai aset utama milik klub, main stand pada sisi selatan. Akibat peristiwa ini, Manchester United terpaksa mengadakan home game di Maine Road, rumah dari rival mereka Manchester City.


Arsitek yang bangun hampir semua stadion di Britania

Dalam puncak kariernya pada masa 1920-an, Archibald Leitch dikenal sebagai arsitek asal Skotlandia yang telah merancang 16 dari 22 klub bola divisi pertama di Inggris. Dimulai dari stadion untuk Ranger, Chelsea, Fulham, Spurs, Liverpool, Everton, Arsenal, Aston Villa, hingga Manchester United.


Archibald Leitch / BBC


Alami renovasi hingga 10 kali

Dengan kapasitas mencapai 75.454 di masa kini, stadion Old Trafford pernah mengalami renovasi sekitar sepuluh kali. Usai masa perang, arena ini dibangun dan dibuka kembali pada 24 Agustus 1949. Lalu dilanjutkan dengan konstruksi penambahan floodlighting guna meraih perizinan dalam mengadakan pertandingan di malam hari yang selesai pada 1957. Diikuti dengan proyek pemberian atap pada area standing di tahun 1959. Melalui renovasi pada 1960, 1970, dan awal 1980, stadium ini akhirnya memiliki kapasitas 56.385 pada tahun 1985.




Tahun 1992 / Stadium Guide


Namun, home stadium bagi Manchester United mengalami transformasi 1992 menjadi stadion dengan fasilitas all-seater yang menyebabkan penurunan kapasitas menjadi hanya 44.000. Maka dari itu, sejumlah ekspansi dilakukan pada tahun 1996, 2000, dan 2006 hingga kini memiliki total kapasitas 74.454.


Tahun 1996 / Stadium Guide


Stadion bola kedua terbesar di United Kingdom

Dengan ukuran pitch 105 x 68 meter, Old Trafford dikenal sebagai stadion bola kedua terbesar di UK setelah Wembley. Selain itu, stadion ini termasuk sebagai salah satu venue pada Piala Dunia 1966 yang mengakomodasi 3 pertandingan grup.  


Old Trafford di masa kini / Stadium Guide


Baca juga, Wanda Metropolitano di Madrid, Stadion Terbaik di Dunia

Masih memiliki bagian original stadion

Dengan nilai sejarah yang terbentang selama lebih dari 1 abad, Old Trafford masih memiliki terowongan tua yang tercatat sebagai bagian autentik sejak pertama kali stadion dibangun. Terowongan ini diberi nama Munich Tunnel sebagai perayaan 50 tahun usai bencana di Munich pada tahun 1958. 


Dikelilingi 3 patung spesial

Di area luar Old Trafford, terdapat tiga patung spesial, yaitu patung dari George Best, Dennis Law, dan Bobby Charlton yang diberi nama The United Trinity. Tak hanya itu saja, di akhir tahun 2012 patung Sir Alex Ferguson turut dibangun dengan tinggi mencapai 275 cm.


The United Trinity / Manchester United


Kemungkinan renovasi

Di masa kini, klub Manchester United tampaknya masih ingin melakukan ekspansi terhadap Old Trafford. Salah satu rencananya adalah mengembangkan single-tiered South Stand guna mencapai estimasi kapasitas hingga 95.000. 


utdreport





Foto Teaser: Goal