Sepertinya menu minuman kopi kekinian yaitu es kopi susu sedang happening di Jakarta. Jika dilihat, sebenarnya budaya minum kopi di Indonesia sudah sangat lumrah. Khususnya fancy coffee sendiri sudah menjadi bagian dari gaya hidup kaum urban di kota besar. Berawal pada tahun 2000-an berbagai gerai coffee shop internasional seperti, Starbucks, Coffee Bean & Tea Leaf, dan Caribou Coffee mulai bermunculan di Jakarta.

Namun kini tren fancy coffee nampaknya mulai bergeser dengan banyak bermunculan coffee shop lokal yang menghadirkan menu kopi dalam tampilan lebih sederhana.

Diolah dari biji kopi khas Nusantara, rasa kopi yang dihasilkan pun tak kalah saing dengan rasa dari gerai coffee shop internasional. Selain itu harga yang ditawarkan pun juga terjangkau.



Sebagai penggemar berat kopi, CASA Indonesia telah mencoba beragam coffee shop di Jakarta dan memilih 10 es kopi susu paling enak. Selamat mencoba!


1. Tuku

jokowi sedang minum kopi tuku

Kedai kopi yang satu ini bisa dikatakan pionir dari tren kopi susu di Jakarta. Tuku menjadi pilihan favorit kami karena selain lokasinya dekat dengan kantor CASA Indonesia, rasa kopi dari es kopi susu tetangga ini juga sangat khas.
Tak heran kopi tuku juga berhasil memikat hati Presiden Ir. Joko Widodo saat berkunjung ke gerainya di daerah Cipete, Jakarta Selatan.

OUR PICKS: Es Kopi Susu Tetangga


Alamat:

Jl. Cipete Raya No.7

Fatmawati, Jakarta Selatan.


2. Sana

ruangan di kopi sana

Kalau gerai yang satu ini menawarkan menu es kopi susu yang rasanya sedikit lebih manis. Bagi Anda yang tidak begitu menyukai rasa kopi yang kuat, mungkin es kopi susu Sana bisa menjadi pilihan.

Selain kopi, minuman lain favorit kami seperti, Es Susu dan Es Teh Susu juga patut Anda coba. Pilihan campuran susu juga beragam seperti low-fat milk, soya milk dan almond milk.

es kopi susu sana

OUR PICKS: Es Kopi Susu dengan almond milk


Alamat:
Sana House

Jl. Panglima Polim V No. 38A

Jakarta Selatan


Baca Juga: Harus Coba! Restoran Korea & Jepang Terbaru di Jakarta


3. Work

Berlokasi di daerah Antasari, Jakarta Selatan, kedai kopi yang mungil ini menawarkan varian rasa kopi dengan sentuhan modern. Seperti es kopi susu dengan salted caramel, Coffee Matcha Latte dan Javanish Latte. Untuk non-coffee, Anda bisa mencoba Red Velvet Latte dan Choco Latte.

The Salted Caramel Coffee Latte Work

OUR PICKS: The Salted Caramel Coffee Latte


Alamat:
Jl. Antasari No, 20A

Jakarta Selatan


4. KO-LO

es kopi ko-lo

Kopi Nadia? es kopi dengan nama seorang wanita ini merupakan signature coffee dari Kopi Lokal (KO-LO). Selain Kopi Nadia ada juga Es Kopi Coklat, Es Kapucino dan Es Kafelate. Perbedaan rasa  dari kopi susu tersebut berdasarkan jenis biji kopi yang digunakan.

Untuk Kopi Nadia dan Kopi Coklat, keduanya menggunakan campuran biji kopi Robusta dan Arabika yang sangat cocok dicampur dengan gula. Sedangkan Kapucino dan Kafelate menggunakan biji kopi Argopuro dari Jawa Timur yang rasanya cenderung lebih fruitty.

OUR PICKS: Es Kopi Nadia


Alamat:

Jl. Panglima Polim 9 No.9

Dharmawangsa, Jakarta Selatan


5. Cuan

es kopi cuan

Di Kopi Cuan ini hanya menawarkan tiga varian rasa es kopi susu yaitu, Kopi Cuan Tulen, Kopi Cuan Ngerum dan Kopi Cuan Soklat. Rasa kopinya cenderung lebih manis namun tetap terasa kopi yang khas. Jika Anda bosan dengan rasa yang biasa, campuran rum pada Kopi Cuan Ngerum will give you a little 'kick'!

OUR PICKS: Kopi Cuan Ngerum dan Kopi Cuan Soklat


Alamat:

Jl. Siaga 2 No. 36 (Samping Indomaret Siaga)

Pasar Minggu, Jakarta Selatan.




Baca Juga: 9 Bakery Paling Enak di Jakarta


6. Animo Bread Culture

es kopi animo

Gerai bakery ini nampaknya juga tak mau ketinggalan mengikuti tren kopi kekinian. Dua menu andalannya yaitu, Es Kopi Susu Animo dan Es Kopi Moka Animo ini cenderung lebih manis dan creamy dibandingkan dengan es kopi susu yang lain. Menu roti seperti Donat Empuk Gemes dan Butter Croissant merupakan penganan yang cocok disantap sambil minum es kopi susu Animo.

OUR PICKS: Es Kopi Moka Animo dan Es Coklat


Alamat

Jl. Cipete 1 No. 6A

Fatmawati, Jakarta Selatan.


7. Sehidup Sekopi

es kopi selingkuhan sehidup sekopi

Dari namanya saja pun terdengar cukup unik. Begitu juga dengan nama menu es kopi susunya seperti Es Kopi Gebetan (kopi susu), Es Kopi Kekasih (kopi milo), Es Kopi Mantan (kopi hitam), dan Es Kopi Selingkuhan (Kopi Coklat). Untuk menu non-coffee favorit kami ialah Es Coklat Susu dan Susu Kocok Regal, sounds good right?

OUR PICKS: Es Kopi Selingkuhan


Alamat:

Ruko Kebayoran Arcade 1, Blok C1 No.5

Jl. Boulevard Bintaro Jaya, Tangerang.

8. Sagaleh

es kopi susu sagaleh

Sagaleh yang artinya 'segelas' dalam bahasa Minang ini menawarkan kopi susu lokal yang merakyat dan membumi. Sesuai dengan taglinenya tak heran rasa es kopi susu Sagaleh memberikan aroma kopi yang kuat. Cobalah menu Sagaleh Es Kopi Susu bagi Anda penyuka manis atau Sagaleh Mak Itam untuk penggemar kopi hitam.

OUR PICKS: Sagaleh Es Kopi Susu Less Sugar


Alamat:

Jl. Sungai Sambas 6 No. 3A

Melawai, Jakarta Selatan


9. Sukotjo

es kopi susu sukotjo

Kedai kopi Sukotjo merupakan pendatang baru di dunia kopi susu kekinian Jakarta. Kata Susu.Kopi.Coklat yang disingkat menjadi Sukotjo ini menempati ruangan kedai yang sangat mungil. Dengan tagline #BeliLewatJendela, Sukotjo menawarkan tiga varian rasa yaitu, Es Kopi, Es Kopi Susu dan Es Sukotjo. Perpaduan rasa kopi Aceh yang cenderung kuat menjadi seimbang dengan campuran susu segar.

OUR PICKS: Es Kopi Susu dan Es Sukotjo


Alamat:

Jl. Gaharu I, No. 94 A

Cipete Selatan, Jakarta Selatan.


10. Moodbooster

ice kokofie susu moodbooster

Kalau kopi berpadu dengan air kelapa? mungkin es kopi susu dari Moodbooster patut dicoba. Awalnya terdengar agak aneh namun rasanya cukup enak. Rasa kopi yang fruitty sedikit asam berpadu dengan manisnya susu dan segarnya air kelapa ini yakin dapat langsung menjadi moodbooster di keseharian Anda.

OUR PICKS: Ice Kokofie Susu dan Ice Amerikano.


Alamat:

Pasar Santa Blok AKS No. 71 Ground Floor

Jl. Cipaku 1 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.



Foto: Dok. Instagram @tokokopituku, @sana.house, @workcoffeeindonesia, @kolo.kopilokal, @kopicuan, @animobakery, @sehidupsekopi, @sagaleh, @sukotjo.kopi, CASA Indonesia.