Tidak terasa sudah setahun lamanya (14 Mei 2016), alm. Han Awal meninggalkan cerita dan karya-karya yang legendaris di dunia.

Bertepatan pada tanggal 16 September yang merupakan hari kelahiran almarhum, PT Han Awal & Partners Architects (HAP) mengadakan beberapa acara perayaan.

Untuk mengenang sang maestro, mulai tahun ini HAP akan memperingati tanggal tersebut sebagai hari ulang tahun kantor mereka.







Almarhum Han Awal telah mendedikasikan dirinya sejak tahun 1960 sebagai pendiri HAP. 

Sekitar 4 tahun lalu, CASA Indonesia berkolaborasi dengan arsitek sekaligus penulis, Alwi Sjaaf untuk berbincang-bincang dengan Han Awal. Kisah karirnya sempat kami dokumentasikan dalam satu cerita lengkap. 


Simak artikel ini untuk mendalami perjalanan sang legendaris.





Selain merayakan dua momen besar pada tanggal 16 September lalu, kantor HAP juga dijadikan sebagai tempat peluncuran buku “Berburu dan Berguru di Tanah Marapu”.






Inti acaranya adalah Soul of Sumba yaitu sebuah pameran foto, sketsa, dan kain tenun dari Sumba yang dipersembahkan oleh Rumah Asuh dan Para Sahabatnya.

Setiap kain sepenuhnya persembahan dari umbu Ignatio.



"Betapa pentingnya mata pelajaran sejarah arsitektur; harus menggali history of the building sebelum mengerti apa akan dilakukan". - Han Awal

Foto oleh Han Awal & Partners Architects, Paskalis Khrisno A., Sefval Mogalana, CASA Indonesia