Dulu, dapur dan ruang makan berfungsi hanya sebagai tempat untuk memasak atau menyantap hidangan.


Namun dewasa ini, fungsi itu pun semakin bergeser hingga kini dapur dianggap sebagai jantung rumah dengan desain yang mengikuti tren dan gaya hidup.




Dengan kebutuhan tersebut, perlengkapan dapur dan makan banyak dirancang oleh desainer dan arsitek ternama agar memiliki tampilan yang menarik dan unik.


Simak 5 perlengkapan dapur yang unik versi CASA Indonesia: 


1. Island Kitchen

Sebuah mahakarya lain dari Zaha Hadid untuk dapur bergaya minimalis Boffi. Freestanding kitchen yang diberi nama Cove ini hadir dengan berbagai pilihan material, mulai dari natural stone, selected wood, hingga corian solid surface.


Super Unik! 5 Perlengkapan Dapur Menjadi Karya Seni


Sudah terintegrasi dengan laci serta wastafel yang tertanam di atasnya, ukurannya pun dapat disesuaikan dengan kebutuhan dapur pengguna. 


2. Perlengkapan Makan

Meningkatkan pengalaman pelanggan dalam penerbangan, Maskapai Delta Airlines mengajak label desain kenamaan Italia, Alessi, untuk mendesain piranti makan yang stylish dan fungsional yang berstandar penerbangan.


Super Unik! 5 Perlengkapan Dapur Menjadi Karya Seni


Koleksi ini meliputi barang pecah belah, seperti gelas kristal, porcelain plates, cutlery, stainless steel serving tools, salt dan pepper shakers, serta tabletop accessories. 


Baca juga, 14 Inspirasi Desain Dapur Mungil dan Minimalis


3. Piring Bergambar Unik

Pada Milan Design Week 2017, Seletti memperkenalkan koleksi terbarunya hasil kerjasama dengan Studio Job. Terdiri dari karpet, lampu neon, kursi, cermin, dan satu set piring porselen, koleksi Blow ini merupakan gabungan antara seni dan desain.




Super Unik! 5 Perlengkapan Dapur Menjadi Karya Seni


Satu set piring porselen yang terdiri dari enam piring ini hadir dengan desain ilustrasi yang menggemaskan seperti weed, the wall, mulut setengah terbuka, peace, dan telur, serta hot dog. 


4. Kulkas sebagai Kanvas

Modena, yang akrab dengan keindahan bentuk dari setiap produknya, kembali berinovasi melalui Modena Masterpiece Retrofidge. Lemari pendingin seri Retro yang pada dasarnya memang sudah sarat akan esensi desain, menjadi media karya seni bagi Darbotz, Indra Dodi, dan Naufal Abshar.


Super Unik! 5 Perlengkapan Dapur Menjadi Karya Seni


Torehan ketiganya membalut lemari pendingin stylish ini menjadi sebuah mahakarya yang berhasil dilelang pada ajang pameran Art Jakarta 2018 untuk Yayasan DoctorSHARE. 


Baca juga, 15 Cara Menata Dapur Sederhana dan Rapi


5. Pemanggang Roti

Duo Domenico Dolce dan Stefano Gabbana yang memoles kitchenware dari lini Smeg dengan eksplorasi motif tradisional Sisilia yang dikenal akan luapan ornamen penuh warna.


Super Unik! 5 Perlengkapan Dapur Menjadi Karya Seni


Semarak motif ini disadur dari kemeriahan sejumlah festival yang menjadi agenda tahunan di Sisilia, seperti feast day yang mengundang para penduduk untuk berpesta di jalanan dengan alunan musik dari kelompok marching band serta tari-tarian yang diakhiri dengan pesta kembang api, serta festival-festival lainnya.


Baca juga, 20 Desain Kitchen Set untuk Rumah Minimalis


Simak terus beragam artikel inspirasi desain dan travelling lainnya di akun instagram dan website CASA Indonesia.


Sumber Foto: CASA Indonesia, Designboom.com, Allesi, Modena, Seletti, Smeg