Apakah Anda sudah menonton film Aruna & Lidahnya yang baru saja ditayangkan di bioskop tanggal 27 September ini?


inspirasi dapur aruna dan lidahnya oleh casa indonesia


Dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo (Aruna), Hannah Al Rashid (Nad), Nicholas Saputra (Bono), dan Oka Antara (Farish), film ini memberikan hidangan khas daerah yang menggugah lidah. Hidangkan yang dinikmati oleh keempat pemain ini, antara lain Choi Pan, Lorjuk, dan Bakmi Kepiting.


inspirasi dapur aruna dan lidahnya oleh casa indonesia


Di awal film, Aruna melakukan dialog sambil memasak sop buntut. Dengan ukuran dapur yang cukup kecil, Aruna bisa membuat hidangan yang beragam. Bono pun sempat memasak roti bakar keju di dapur itu.



Dapur berukuran mini bukan hanya berukuran kecil, namun menggabungkan berbagai kebutuhan dalam desain yang padat. 


Baca juga, 20 Desain Kitchen Set untuk Rumah Minimalis


Setelah menyaksikan film Aruna & Lidahnya, CASA Indonesia memberikan beberapa pilihan desain dapur atau kitchen set serupa yang bisa menjadi inspirasi.



Tips dari CASA Indonesia: Sirkulasi gerak menjadi terbatas jika dapur tidak dirancang sedemikian rupa. Hal penting yang perlu diketahui sebelum merancang dapur adalah menentukan jenis kitchen work triangle yang akan digunakan. 


Kitchen work triangle adalah teori peletakan kompor, sink, dan kulkas yang telah dipercayai sangat efisien dalam proses memasak.


Kitchen Work Triangle / Dominica Vibes


Aruna mempunyai tipe L-shaped kitchen. Berikut desain dapur yang terinspirasi dari film Aruna dan Lidahnya:


1. Dapur berwarna putih agar dapur terlihat luas

Warna putih pada dinding dan ceiling dapat memberikan efek luas bagi ruang kecil, maka sangat tepat untuk area dapur yang mungil.


 Alain Carle Architecte / Adrien Williams / Dezeen


Jika kitchen set juga berwarna putih, maka kombinasikan material kayu di sisi dalam rak. Jika Anda ingin memberikan nuansa yang lebih hidup, pilih keramik lantai yang bermotif serta memiliki beragam warna.


Baca juga, Sudah Dicoba, 15 Cara Menata Dapur Sederhana dan Rapi


2. Desain dapur dengan rak kayu gantung untuk piring

Meletakkan peralatan makan dan memasak ada beberapa alternatif, bisa menggunakan rak tanpa pintu atau lemari tertutup.


Rak gantung tanpa pintu memiliki keuntungan dari segi visual. Dapur akan terlihat lebih luas karena lebih banyak bidang terbuka. Namun pastikan Anda meletakkan peralatan makan dan dapur Anda dengan rapi dan rajin membersihkannya, agar nyaman dilihat.


3. Desain dapur berwarna pastel 

Aruna merupakan wanita single yang cukup feminin, terlihat dari baju-baju yang digunakan di film Aruna dan Lidahnya. Sentuhan warna pastel juga bisa menjadi ide yang menarik untuk desain kitchen set.


NimTim Architects / Megan Taylor / Dezeen


Kombinasikan dengan material kayu dan marmer, agar kitchen set lebih terlihat hidup dan tidak monoton.


4. Dapur dengan sentuhan floral agar terasa segar

Agar suasana memasak jadi semakin menyenangkan, hadirkan tanaman dalam pot atau gantung di dapur Anda.



Baca juga, 14 Inspirasi Desain Dapur Mungil dan Minimalis


5. Dapur yang menyatu dengan area makan

Aruna sering menggundang Bono untuk makan atau memasak di rumahnya. Jika Anda memiliki kegemaran yang sama, rancang dapur Anda dengan desain yang berintegrasi dengan area makan.



Optimalkan ruang dengan merancang tangga sekaligus furnitur built-in yang terletak di sepanjang samping jendela. Furnitur ini bisa difungsikan sebagai sofa dan laci di ruang makan.


6. Desain dapur dengan lampu gantung menarik

Pencahayaan merupakan salah satu aspek memasak yang penting. Dapat membantu melihat kesegaran bahan makanan dan kematangan masakan.


Coco Lapino Design


Pilih lampu yang sesuai dengan desain kitchen set dan dapur Anda. Jangan pilih lampu gantung yang terlalu besar, karena dapat mengganggu aktivitas memasak.


Sumber foto: Palari Film, Dian Sastrowardoyo, Dezeen, CASA Indonesia, Ikea, Bango