Sebagai art fair terbesar di Indonesia, Art Jakarta hadir kembali di tahun ini dengan membawa tampilan dan semangat baru untuk tahun ke-11nya. Diselenggarakan di Jakarta Convention Center, Art Jakarta 2019 menghadirkan karya-karya seni bergengsi oleh 70 galeri yang tergabung dari Indonesia hingga mancanegara. 


Wajah Baru, Semangat Baru dari Art Jakarta 2019




Memasuki dekade baru, Art Jakarta 2019 hadir dengan perspektif yang lebih luas dan dinamika gelaran baru. Tom Tandio, selaku Fair Director untuk event ini ingin membuat pameran seni yang dapat diakses oleh banyak orang dari berbagai macam kalangan.


Wajah Baru, Semangat Baru dari Art Jakarta 2019


Ide tersebut juga hadir berkat komitmen untuk terus menggalang kolaborasi bersama banyak pihak dari beragam art scene di Indonesia untuk menghadirkan ekosistem yang baik untuk para pelaku seni di skena seni kontemporer Asia Tenggara.


Baca juga: Tampilan Baru Perhelatan Seni, Art Jakarta 2019


Wajah Baru, Semangat Baru dari Art Jakarta 2019


Yang baru dari Art Jakarta tidak hanya meliputi logo dan tempat terselenggaranya saja. Format pamerannya pun hadir lebih variatif dan interaktif. Selain kehadiran Art Jakarta Gallery, para pengunjung juga disuguhkan zona-zona seperti Art Jakarta Scene, Art Jakarta Spot, dan Art Jakarta X.


Wajah Baru, Semangat Baru dari Art Jakarta 2019


Art Jakarta Scene merupakan zona yang didedikasikan untuk 20 kolektif seni serta seniman. Di zona ini selain memperkenalkan karya seni, para pegiat pun menawarkan informasi mengenai aktivitas-aktivitas mereka yang tentu membantu mengembangkan ekosistem seni di lingkungan masing-masing.


Baca juga: Perayaan 1 Dekade, Pameran Casa Indonesia 2019 Dibuka!




Wajah Baru, Semangat Baru dari Art Jakarta 2019


Selanjutnya ada Art Jakarta Spot yang memamerkan karya seni pilihan dari beberapa galeri yang ikut serta. Karya-karya yang tersebar secara acak di seluruh area Fairground Art Jakarta 2019 ini diharapkan untuk mampu menggugah atensi para pengunjung terhadap seni yang bisa saja ditemukan di manapun.


Wajah Baru, Semangat Baru dari Art Jakarta 2019


Art Jakarta X merupakan singkatan dari Art Jakarta Collaborations yang menghadirkan karya-karya spesial khusus untuk pameran ini. Mempresentasikan 3 buah karya, inisiasi konsep ini juga terealisasi berkat bantuan para kolektor serta rekan-rekan dari berbagai platform kesenian lainnya.


Baca juga: Menikmati Pameran Seni di Tengah Pusat Perbelanjaan


Wajah Baru, Semangat Baru dari Art Jakarta 2019


Rangkaian acara talkshow dari pemerhati industri kreatif, seperti Bekraf dan praktisi kesenian juga tersedia guna meningkatkan minat apresiasi seni untuk orang banyak. Selain itu ada juga Art Jakarta Play, sebuah workshop yang terselenggara untuk membuka potensi bakat dari setiap orang, terutama kalangan muda yang hadir.

Workshop yang jadwalnya terbagi selama 3 hari pameran berlangsung tersebut dipandu oleh Eko Nugroho, Agan Harahap, dan HEI Schools, serta didukung penuh oleh UOB Indonesia.


Wajah Baru, Semangat Baru dari Art Jakarta 2019


Art Jakarta juga bekerja sama dengan Oppo dengan menghadirkan Renoscape. Area tersebut difungsikan sebagai showcase karya-karya dari 13 seniman Indonesia yang dilelang pada pameran berlangsung. Semua hasil lelang didonasikan untuk Yayasan Mitra Museum Jakarta dan Happy Hearts Indonesia.


Sumber foto: dok. Art Jakarta