Ketika Anda mendengar kata pulau, pasti terpikirkan oleh kalian mengenai liburan sampai sebuah impian yaitu memiliki pulau pribadi. Kini selain memiliki pulau pribadi Anda bisa mengunjungi sebuah pulau museum. Terletak di De Hilweg 2, 4251 MT Werkendam, Netherlands, Studio Marco Vermeulen merancang sebuah museum yang berisikan permanent exhibition mengenai perkembangan bersejarah dari wilayah ini yang sekarang sudah berubah total.







Keamanan air adalah hal utama yang diperhatikan saat pengembangan Pulau Museum Biesbosch, sebagai bagian dari pengamanan tersebut, program kemanan air nasional polder Noordwaard seluas 4450 hektar ini telah diubah menjadi area retensi air.


Baca juga, Mengunjungi Museum di Tengah Gunung, Lumen Museum




Setelah kurang lebih 8 bulan renovasi, museum ini buka saat musim panas. Museum yang telah sepenuhnya di transformasikan dengan lingkungan sekitar ini berisikan sebuah restoran dan ruang pameran sementara untuk seni kontemporer. Restoran yang tersedia adalah restoran organik yang menawarkan pemandangan langsung ke lingkungan perairan sekitar.






Untuk bangunan yang sudah ada terlebih dahulu juga memiliki ruang pameran permanen, perpustakaan, teater serbaguna, area pintu masuk dan toko merchandise. Serta terdapat penambahan dormer di bagian atas museum untuk sebuah kantor dari the Dutch Forestry Commission and the Park Board.


Baca juga, Wajah Baru, Semangat Baru dari Art Jakarta 2019




Bagi sebagian pengunjung museum ini menjadi awal tempat bereksplorasi pulau ini, pengunjung juga dapat memperoleh informasi wisata tentang Taman Nasional Biesbosch dan membeli tiket untuk museum dan perahu listrik di museum ini. 


Sumber foto + teaser: Archdaily