Sebagai pemilik rumah, tentu Anda ingin memiliki hunian yang selalu memancarkan nuansa baru dan segar, serta memiliki gaya yang up to date. Namun, jika selalu mengganti perabotan setiap tahun, tentu akan menjadi sebuah masalah dalam menyimpan atau menjual elemen interior yang tidak terpakai.





Oleh sebab itu, kreativitas Anda dan seluruh anggota keluarga perlu dimaksimalkan sehingga berhasil mendapatkan solusi merenovasi rumah tanpa menghadirkan masalah baru setelahnya. CASA Indonesia telah mempersiapkan tips menghadirkan suasana baru pada rumah dengan cara remodeling furnitur yang memaksimalkan keindahan ruangan di rumah Anda.


1. Memperluas wall closet pada kamar tidur


Hadirkan Nuansa Fresh pada Rumah Melalui 8 Tips Ini!

iChapter


Mungkin Anda akan bingung bagaimana caranya memperluas wall closet yang sudah ada di kamar tidur. Pertama-tama, jika lemari anda memiliki rak bertingkat, coba untuk menggantinya dengan railing untuk menggantung baju. Sehingga ruang di bagian bawah masih bisa digunakan untuk menaruh sepatu atau kompartemen aksesori. Jika masih kurang, Anda bisa membobol dinding samping di dalam wall closet.


2. Ubah fungsi kitchen island


Hadirkan Nuansa Fresh pada Rumah Melalui 8 Tips Ini!

Homebunch


Kitchen island atau workstation di dapur sering kali dianggap hanya memiliki satu fungsi, yaitu sebagai tempat persiapan memasak. Padaha, dengan panjang rata-rata 2-3 meter, Anda bisa menyulap kitchen island menjadi bar kecil untuk Anda sarapan di pagi hari. 


3. Hias dinding di ruang keluarga


Hadirkan Nuansa Fresh pada Rumah Melalui 8 Tips Ini!

Article


Mungkin bagi Anda, lukisan merupakan satu-satunya hiasan dinding yang penting untuk disematkan, sebab mampu hadirkan kesan mewah. Namun, jika hunian yang dimiliki berada di lahan terbatas, tentunya pigura, wall rack, dan wall plate merupakan alternatif terbaik dalam menghias dinding rumah dengan menyesuaikan aksen furnitur lainnya sehingga menjadi lebih hidup.


Baca juga: Rumah Kecil Terasa Besar? Bisa! Ini 12 Triknya


4. Rancang built-in cabinet untuk kulkas


Hadirkan Nuansa Fresh pada Rumah Melalui 8 Tips Ini!

Premier Appliance


Area dapur sering kali dirancang dengan luas ruang yang cukup terbatas. Oleh sebab itu, keberadaan cabinet atau kompartemen sangat penting agar tetap menjaga tampilan dapur yang bersih dan rapi. Untuk memaksimalkan ruang, Anda juga bisa merancang built-in cabinet untuk kulkas untuk menegaskan keselarasan nada.




5. Ubah wall cabinet dapur dengan rak dinding


Hadirkan Nuansa Fresh pada Rumah Melalui 8 Tips Ini!

Domino


Kebanyakan wall cabinet pada dapur memiliki profil yang cukup menunjukkan kemewahan. Namun, jika Anda mulai bosan dan ingin mengubah suasana rumah, rak dinding bisa jadi alternatif terbaik. Dengan konsep open shelving, Anda juga akan mendapatkan suasana dapur yang lebih cerah.


Baca juga: 7 Cara Menyulap Ruang Tamu Menjadi Baru Secara DIY


6. Cerahkan sudut kamar mandi


Hadirkan Nuansa Fresh pada Rumah Melalui 8 Tips Ini!

Bigger Than the Three of Us


Dalam menghadirkan suasana baru untuk seisi rumah, tentu Anda tidak boleh melupakan area kamar mandi. Akan membutuhkan budget yang besar dan waktu yang lama jika Anda memilih untuk mengganti material yang sudah terpasang. Baiknya, Anda bisa mengganti warna cat pada vanity, dinding, serta mengganti model lampu untuk menghadirkan warna ruangan yang lebih bersemangat.


7. Hadirkan patio secara DIY


Hadirkan Nuansa Fresh pada Rumah Melalui 8 Tips Ini!

Pretty Prudent


Anda memiliki taman belakang yang luas namun ingin memaksimalkan fungsinya sebagai area gathering? Anda bisa bangun patio sendiri secara DIY. Sediakan lahan untuk lantai beton untuk dilengkapi dengan outdoor seating serta panggangan untuk kenyamanan saat berkumpul.


Baca juga: Ini Dia Material Solutif untuk Dapur dan Kamar Mandi!


8. Maksimalkan gaya di ruang makan


Hadirkan Nuansa Fresh pada Rumah Melalui 8 Tips Ini!

Perfeita Orden


Selain dapur, ruang makan juga sering kali memiliki desain yang menonjolkan kemewahan dan kehangatan. Meskipun begitu, ternyata sangat mungkin jika Anda ingin memberikan kesan dinamis pada dining room. Berikan sedikit warna berbeda namun tetap selaras, seperti pada kursi dan elemen pencahayaaan untuk menegaskan kesan personal pemilik rumah.


Foto teaser: dok. Greige Design