Sebuah proyek yang berawal dari rekonstruksi pemerintah setelah gempa pada September 2012 di desa Shuanghe, Provinsi Yunnan, Tiongkok berubah menjadi sebuah perpustakaan. The Pinch Library & Community Center, yang merupakan hasil kerjasama pemerintah Tiongkok dan University of Hongkong ini adalah hasil garapan arsitek John Lin dan Oliview Ottevaere.







Pada saat itu, sebagian besar rumah-rumah yang ada di desa ini rusak berat, hanya terdapat sebuah tenda pengungsian untuk masyarakat tinggal selama setahun pertama. Setelah musibah gempa bumi tersebut, pemerintah pun turut memberikan sponsor untuk bangunan-bangunan terutama bangunan yang terletak di alun-alun.


Baca juga, Intip Toko Buku Berinterior Penuh Silang di Tiongkok


Berbeda dari pemerintah yang menyediakan material pembangunan seperti semen, batu bata dan alun-alun tempat bangunan ini berdiri, University of Hongkong turut menyumbang lewat ide desain dan implementasi bangunan perpustakaan.






Baca juga, Wilson Associates Merancang Apartemen Mewah di Tiongkok


Sebagai Knowledge Exchange Project, konstruksi bangunan dibuat sedemikian rupa, dengan menggunakan kayu olahan dari pabrik lokal prosesnya pun menghasilkan bentuk-bentuk yang sangat beragam dari olahan sederhana. Anak-anak atau masyarakat yang datang untuk membaca buku bisa ikut bermain seluncuran dari atap bangunan ini. 


Sumber foto + teaser: archdaily