Apakah Anda menyukai rumah berwarna putih dengan sentuhan vintage dan floral?  Jika iya, maka Shabby Chic merupakan gaya desain hunian yang cocok untuk Anda. 


Memiliki sebuah hunian dengan gaya elegan merupakan salah satu impian bagi banyak orang. Selain menghadirkan kesan mewah, rumah dengan gaya tersebut juga mampu meningkatkan kepercayaan diri seluruh penghuninya. Namun, dengan banyaknya keinginan akan memiliki rumah elegan, tentu akan mengurangi sisi unik dari hunian impian yang Anda punya. Bagaimana jika aspek elegan yang Anda inginkan dikombinasikan dengan sentuhan feminin? 




Ikuti 6 Cara Mudah Mendekor Rumah Bergaya Shabby Chic!


Apa itu Shabby Chic?


Kombinasi gaya elegan dan feminin merupakan sebuah desain yang pertama kali berkembang di Inggris dan dikenal dengan sebutan Shabby Chic. Gaya yang mulai populer di Indonesia ini memiliki ciri khas dari pemilihan furnitur yang terlihat tua. Selain itu penggunaan furnitur daur ulang serta upholstery klasik menjadi aspek penting dalam tampilan Shabby Chic.


Ikuti 6 Cara Mudah Mendekor Rumah Bergaya Shabby Chic!


Karakteristik vintage, motif floral, serta touch of white identik dengan pengaplikasian desain Shabby Chic. Meskipun telah mengetahui aspek-aspek penting, sebenarnya tidak mudah untuk menyematkan gaya ini ke dalam interior rumah. Ketelitian dalam mengolah detail sangat diperlukan sehingga memaksimalkan kesan hunian yang mewah dan juga hangat.


Untuk memudahkan Anda, berikut adalah tips-tips yang telah dipersiapkan bagi Anda yang ingin mencoba mendekorasi rumah dengan gaya Shabby Chic.


Tips Mendekor Rumah dengan Gaya Shabby Chic


1. Hadirkan Nuansa Putih


Ikuti 6 Cara Mudah Mendekor Rumah Bergaya Shabby Chic!


Warna putih yang netral sangat cocok digunakan untuk Anda yang ingin memulai menghias rumah dengan gaya Shabby Chic. Aplikasikan warna cat putih pada dinding ketika Anda memiliki elemen interior berwarna pastel dan bermotif floral untuk membuat nuansa ruang lebih soft dan nyaman dipandang.


2. Tampilkan Kesan Unfurnished


Ikuti 6 Cara Mudah Mendekor Rumah Bergaya Shabby Chic!


Tampilan ruangan dengan elemen interior unfurnished adalah salah satu ciri khas dari gaya Shabby Chic. Presentasi ruang yang sengaja terlihat "lusuh" ini mampu menambahkan kesan unik pada hunian Anda. Hal tersebut bisa Anda aplikasikan melalui furnitur yang direncanakan untuk tidak dicat merata atau dinding batu bata yang dibiarkan terekspos.


Baca juga: 16 Ide Dekorasi Kamar Tidur Sederhana Namun Terasa Luas


3. Pilih Warna Pastel yang Lembut


Ikuti 6 Cara Mudah Mendekor Rumah Bergaya Shabby Chic!


Pengaplikasian warna yang mencolok pada gaya desain Shabby Chic merupakan hal yang patut dihindari. Untuk menghadirkan nuansa hangat, Anda bisa coba untuk gunakan warna cat pastel pada interior Anda, baik untuk furnitur, dinding, bahkan aksesori interior lainnya yang menambah keindahan ruang.


4. Memiliki Sentuhan Vintage




Ikuti 6 Cara Mudah Mendekor Rumah Bergaya Shabby Chic!


Vintage dan Shabby Chic merupakan gaya yang saling melengkapi satu sama lain. Anda bisa gunakan furnitur yang memiliki kesan lawas, seperti kursi jengki, serta lemari kayu unfurnished untuk memaksimalkan gaya interior yang Anda inginkan. Selain itu, aksesori interior bermotif floral dan kombinasi warna pastel atau putih juga dapat menghadirkan kesan mewah yang manis untuk tampilan yang Anda inginkan.

Tidak ada sebuah keharusan untuk menggunakan furnitur antik yang sudah berumur, Anda bisa mencari produsen furnitur dengan gaya vintage, salah satunya adalah Bramble Furniture.


5. Gunakan Chandelier


Ikuti 6 Cara Mudah Mendekor Rumah Bergaya Shabby Chic!


Kehadiran chandelier akan sangat berguna untuk menegaskan gaya vintage dari interior bergaya Shabby Chic di rumah Anda. Bentuknya yang eksentrik dan berkilau saat digunakan mampu memusatkan pandangan mata siapa pun yang mengunjungi rumah Anda. Jika Anda memilih untuk membeli chandelier lama, pilihlah dengan cermat dan teliti, sehingga meminimalisasi resiko rusak saat dipasang maupun dinyalakan.


Baca juga: Tips Lengkap untuk Memilih Gorden yang Cantik dan Tepat


6. Mendekor dengan Item Serba Eklektik


Ikuti 6 Cara Mudah Mendekor Rumah Bergaya Shabby Chic!


Elemen interior eklektik ternyata memiliki peran penting dalam menghadirkan gaya Shabby Chic yang maksimal pada rumah Anda. Aksesori seperti lampu, cermin, hingga candle holder dengan karakteristik antik mampu hadir selaras dalam gaya Shabby Chic yang diusung. Selain itu, taplak meja bermotif floral dan diningware vintage juga bisa diaplikasikan sebagai alternatif yang mampu memberikan warna berbeda dalam merealisasikan interior rumah idaman Anda.


Memilih Furnitur Shabby Chic yang Tepat untuk Rumah


Dengan banyaknya detail yang perlu Anda perhatikan dalam menghadirkan interior bergaya Shabby Chic, tentu Anda menginginkan kemudahan dalam mendapatkan elemen interior yang diinginkan. Bramble Furniture merupakan sebuah produsen furnitur dan aksesori interior lokal yang menawarkan pilihan lengkap dalam memaksimalkan gaya Shabby Chic yang elegan dan juga nyaman pada interior rumah Anda.



Ikuti 6 Cara Mudah Mendekor Rumah Bergaya Shabby Chic!

Brittany lazy Chair


Bramble Furniture menyediakan beragam pilihan custom finishing furnitur yang tentu akan memberi kemudahan bagi Anda dalam menentukan dan menghadirkan sentuhan personal pada rumah melalui elemen interior yang diinginkan. Furnitur dan aksesori interior seperti Brittany lazy chair, Hayward wardrobe, dan Rhode Island table lamp merupakan segelintir dari banyaknya pilihan produk yang ditawarkan oleh Bramble Furniture sebagai pelengkap gaya Shabby Chic untuk interior Anda. 


Baca juga: Buat Dapur Jadi Lebih Cantik dengan 8 Tips Desain Ini


Ikuti 6 Cara Mudah Mendekor Rumah Bergaya Shabby Chic!

Rhode Island table lamp


Bramble Furniture juga menawarkan furnitur bergaya mid-century, minimalis, skandinavian, hingga urban untuk desain interior sesuai keinginan Anda. Jangan lupa untuk kunjungi website dan akun instagram Bramble Furniture yang tertera di bawah ini untuk menemukan furnitur dan elemen interior yang Anda inginkan untuk rumah idaman.


Website: www.bramblefurniture.com
Instagram: @bramblefurnitureid
Sumber foto: dok. Bramble Furniture