Sebagai salah satu tim sepak bola ternama di dunia, Tottenham Hotspur tentu harus memiliki reputasi yang sangat cemerlang. Tidak hanya dilihat dari statistik pertandingan, reputasi tersebut juga dapat terefleksi dari kualitas home stadium yang ada. Guna memaksimalkan integritas dan pamornya, Tottenham Hotspur bekerja sama dengan firma arsitektur asal Amerika, Populous untuk menghadirkan stadion sepak bola terbesar di London.







Dengan kapasitas sebanyak 62.062 kursi, stadion kandang Tottenham Hotspur ini dilengkapi fitur retractable pitch. Fitur ini berfungsi untuk menambah luas dari stadion, sehingga bisa digunakan untuk keperluan event olahraga lainnya seperti NFL atau American Football dan juga konser musik. Stadion ini juga memiliki akustik yang menghasilkan resonansi suara layaknya sebuah concert hall.


Baca juga; Wanda Metropolitano di Madrid, Stadion Terbaik di Dunia




Tottenham Hotspur Stadium dirancang dengan kemiringan tribun hingga 35 derajat. Rancangan tersebut didasari untuk memberikan pandangan yang luas bagi para penonton, sehingga atmosfer yang hadir bisa dirasa lebih kompetitif. 




Baca juga: Zaha Hadid Rancang Stadium untuk FIFA World Cup Qatar




Fasad stadion dirancang dengan menggunakan kaca sebagai material utama. Material ini dipilih agar Tottenham Hotspur Stadium memiliki tampilan yang dinamis berkat pantulan cahaya alami yang dramatis, dari pagi hingga sore hari. Pada bagian selatan juga terdapat sebuah atrium untuk para supporter berkumpul dan bercengkrama sehabis pertandingan, serta dilengkapi food court yang menambah kenyamanan pengunjung.


Sumber foto: dok. Hufton+Crow & Jack Hobhouse