Brand terkemuka di dunia patung porcelain, Lladro kembali membawa Raul Rubio salah satu pemahat terkenalnya ke Elite Grahacipta di Senayan City, Jakarta. Pada 19 September 2019 lalu, merupakan kali pertama Raul datang ke Indonesia, dalam kesempatannya kali ini ia menciritakan kisah di balik hasil-hasil karyanya yang brilian dan passion nya di dunia patung.






Karya religi Raul Rubio terdahulu


Lahir di Valencia, 4 Juli 1975, Raul memang memiliki darah seni turun temurun dari keluarga ayahnya yang merupakan seorang seniman. Selain itu, ia juga merupakan lulusan Fine Arts dari Polytechnic University of Valencia dan pada tahun 2000 ia mendapat kesempatan untuk bergabung dengan Lladro lewat beasiswa di sekolah seni. Setelah menyelesaikan pendidikannya di Lladro selama 2 setengah tahun pertama, ia pun resmi menjadi pemahat Lladro pada umur 27 tahun.


Baca juga, Senayan City 13 ARTniversary



Figur Toys dari koleksi terbaru Raul Rubio





Karena Raul memiliki passion di dunia patung, ia turut menceritakan tahapan-tahapan memahat dari sketsa hingga menggunakan tanah liat, tetapi menurutnya bagian paling kreatif dari membuat sebuah patung adalah saat menggambar sketsa awal dari karya yang akan dibuat nantinya. Untuk karya-karya terdahulu, tema yang dipilih oleh Raul adalah yang berhubungan dengan kebudayaan dan religius. Perlu inspirasi khusus untuk membuatnya, seperti pergi ke tempat ibadah untuk menggambarkan detail di sebuah patung.



Bulldog with Lollipop dog figurine


Baca juga, Setelah 28 Tahun! Fakta Unik Tentang Patung GWK Bali



Signing event with Raul Rubio


Tetapi, berbeda untuk karyanya kali ini, ia ingin sesuatu yang baru, sesuatu yang lebih kekinian, oleh karena itu akhirnya Raul membuat sebuah figur anjing yaitu Bulldog with lollipop dog figurine dan Chihuahua with marshmallows dog figurine. Raul dan tim ingin memperlihatkan suasana yang lebih fresh dan modern dibandingkan karya-karya sebelumnya. Dan untuk kedatangannya kali ini, Elite juga mempersilahkan bagi penggemar Lladro dan Raul Rubio untuk datang dan bertemu serta mendapatkan tanda tangan dari Raul sendiri.


Sumber foto + Teaser: dok. Lladro