Berbeda dengan negara-negara yang memiliki empat musim, Indonesia tidak memiliki musim flu. Musim flu adalah periode waktu dimana persebaran virus lebih pesat dan menular. Di negara empat musim, hal ini terjadi pada musim dingin. Berbeda halnya dengan Indonesia, dimana sirkulasi virus terjadi sepanjang tahun. Penyebaran virus di Indonesia tidak terikat dengan pergantian musim kemarau atau hujan. 


Artinya, warga Indonesia harus lebih hati-hati terhadap virus. Terutama dalam keadaan pandemi, menjaga kebersihan di rumah sama pentingnya dengan menjaga kebersihan tubuh dan pakaian. Untuk memastikan lingkungan yang sehat, kebersihan rumah harus dijaga sebaik mungkin. Berikut beberapa tips untuk membersihkan rumah agar bebas virus!




Gunakan Pembersih yang Dapat Membunuh Virus

Pastikan pembersih yang Anda gunakan mengandung zat yang dapat membasmi virus. Umumnya pembersih seperti ini mengandung alkohol. Anda juga dapat membaca kandungannya dan mencari produk yang mengandung hidrogen peroksida, klorin, detergen, atau iodophor.


Gunakan Disinfektan Sesuai Instruksi pada Kemasan

Banyak orang memiliki produk disinfektan tetapi tidak menggunakannya dengan benar. Jika tidak digunakan sesuai instruksi, produk disinfektan tidak akan bekerja dengan baik dan maksimal. Setiap produk memiliki cara penggunaan yang berbeda, pastikan Anda membaca instruksi pada kemasan agar produk dapat bekerja dengan baik!


Cuci dan Ganti Handuk Mandi serta Handuk Tangan Secara Rutin

Menjaga kebersihan handuk sama pentingnya dengan menjaga kebersihan pakaian. Handuk dan pakaian adalah objek yang sering kontak langsung dengan tubuh. Jika handuk kotor dan mengandung virus, maka virus tersebut sangat rawan menempel kepada tubuh. 


15 Tips Membersihkan Rumah agar Bebas Virus CASA Indonesia 1

Arsitek : Alexandra Kidd Design / Foto : Pablo Veiga


Cuci dan Ganti Kain Lap Pembersih

Baik untuk kaca jendela, dapur, lantai, atau lainnya, kain lap harus dijaga kebersihannya. Karena merupakan alat untuk membersihkan berbagai area dan barang di rumah, kain lap harus sering dicuci dan diganti agar tidak menyebarkan kotoran ke segala bagian rumah. 


Bersihkan Spons Cuci Piring

Sama halnya dengan kain lap, spons harus sering dibersihkan agar tidak menyebarkan kotoran ke barang-barang yang dicuci menggunakan spons tersebut. Spons yang kotor akan berbahaya jika meninggalkan virus pada suatu alat makan yang lalu digunakan penghuni rumah. 


Gunakan Produk Sekali Pakai

Tips yang satu ini lebih baik dilakukan hanya untuk masa-masa genting seperti dalam sebuah pandemi. Menggunakan produk sekali pakai seperti masker, sarung tangan, dan tissue akan lebih aman karena langsung dibuang setelah pakai, sehingga virus tidak sempat tersebar. Tetapi, produk sekali pakai sangat tidak baik untuk lingkungan dan sebaiknya dihindari jika tidak dalam keadaan yang genting.


Baca juga : Ingin Rumah Nyaman? Ini Tips Bersihkan Rumah yang Tepat


Barang-barang yang harus sering dibersihkan dengan disinfektan agar aman dari virus :


1. Gagang Lemari dan Laci

Membersihkan gagang lemari dan laci sebaiknya dilakukan minimal seminggu sekali karena sering digunakan setiap harinya.


15 Tips Membersihkan Rumah agar Bebas Virus CASA Indonesia 2

Foto : Katie Varela




2. Gagang Kulkas, Microwave, dan Oven

Tergantung aktivitas dapur di rumah Anda, peralatan di dapur harus dijaga kebersihannya sesuai kebutuhan. Peralatan yang jarang digunakan dapat dibersihkan sekali hingga dua kali saja dalam sebulan, tetapi jika sering digunakan, sebaiknya sekali seminggu. 


3. Keran Air dan Gagangnya

Membersihkan keran air dan gagangnya sebaiknya dilakukan sekalian setiap mencuci tangan karena lebih praktis dan higienis.


15 Tips Membersihkan Rumah agar Bebas Virus CASA Indonesia 3

Desain Interior : Dan Gayfer Design


4. Keyboard Komputer, Handphone, Tablet, dan Segala Gadget yang Sering Disentuh Tangan

Gadget sebaiknya sering dibersihkan karena sangat rawan membawa virus dan sangat sering digunakan. Untuk handphone dan tablet yang umumnya digunakan terus-menerus sebaiknya dibersihkan setiap hari. 


5. Remot TV dan Konsol Permainan

Sama seperti peralatan dapur, remot TV dan konsol permainan dibersihkan menurut rutinitas pemakaiannya. Untuk pemakaian yang sering, lebih baik tidak kurang dari seminggu sekali.


Baca juga : Siasat Buat Dinding Kamar Mandi Tetap Bersih dan Kering


6. Gagang Pintu dan Pagar Tangga

Karena umumnya sudah pasti digunakan secara sering, gagang pintu dan pagar tangga dianjurkan untuk dibersihkan seminggu sekali.


7. Saklar Lampu

Sama halnya seperti gadget, saklar lampu yang umumnya sering digunakan sebaiknya dibersihkan setiap hari. 


8. Meja Kerja dan Alat-Alat Kantor

Tergantung seberapa sering digunakan, peralatan kerja cukup dibersihkan sebutuhnya. Semakin sering digunakan sebaiknya semakin rutin juga dibersihkannya.




9. Tuas Toilet

Seperti halnya keran, tuas toilet lebih baik dibersihkan setiap kali digunakan. Ini adalah cara yang paling praktis dan juga akan memastikan tuas toilet selalu bersih. 


Untuk memastikan lingkungan yang aman dan higienis, sebaiknya semua barang yang sering berkontak langsung dengan tangan dibersihkan secara rutin dan seksama karena sangat rawan menyebarkan virus.


Teks oleh : Bella Aqilah Suhardi
Foto teaser : A Little Design