Merawat dan mempertahankan rumah yang bersih membutuhkan tenaga dan waktu. Terkadang, kegiatan sehari-hari dapat menjadi terlalu menyibukkan sehingga rumah tidak sempat dibersihkan. Salah satu keuntungan kecil dari masa pandemi ini adalah bertambahnya waktu luang kebanyakan orang. Dengan penyebaran virus Covid-19, norma sosial turut berubah.


Kini, mayoritas dari masyarakat harus bekerja dan sekolah dari rumah sementara kegiatan lain seperti rekreasi di area publik tidak dianjurkan. Meski dengan protokol kesehatan yang sudah ada, kebanyakan orang akan memiliki waktu luang yang berlebih dan kemungkinan besar hanya dapat dijalani di dalam rumah.




Salah satu ide untuk menghabiskan waktu luang Anda yang berlebihan dengan produktif adalah menggunakannya untuk mengurus dan membersihkan rumah, terutama langkah-langkah yang sering terlewati di jadwal sibuk sebelum pandemi. Yuk, simak 7 langkah kecil berikut untuk rumah yang lebih bersih!


1. Bersihkan Semua Lantai Rumah

Salah satu hal terpenting dalam menjaga kebersihan rumah adalah lantai. Pastikan untuk membersihkan lantai anda dengan menyedot debu atau sapu serta pel secara berkala untuk membuat rumah Anda lebih nyaman. Jangan lupa untuk membersihkan bagian-bagian ujung lantai yang paling rawan menyimpan kotoran. 



Medium


2. Bersihkan Area yang Rawan Berdebu

Pada kegiatan sehari-hari, membersihkan debu mungkin jarang menjadi prioritas. Debu sering terlupakan dalam rutinitas membersihkan rumah karena tidak terlalu terlihat, kecuali jika sudah menumpuk dengan tebal. Terutama pada area-area yang jarang dipegang, jika tidak dibersihkan maka akan menjadi sarang debu.


Hal ini tidak baik untuk rumah karena dapat menghasilkan udara yang kurang bersih dan sehat. Dengan waktu yang lebih senggang, Anda dapat membersihkan area-area yang sering terlupakan dan mudah berdebu seperti permukaan kabinet, bagian atas kulkas, kusen pintu, bagian atas rak buku, dan lainnya. 


3. Cuci Semua Cermin dan Kaca Jendela

Cermin dan kaca jendela memiliki dampak signifikan pada tampilan ruangan. Walaupun tidak semua orang langsung menyadari, tetapi cermin atau kaca jendela yang buram dan bernoda akan langsung membuat ruangan terlihat lebih kusam. Terutama bagi kaca jendela yang merupakan titik yang sering menarik perhatian mata sebagai akses visual ke pemandangan luar.


5 Langkah Kecil Membersihkan Rumah di Waktu Luang Anda CASA Indonesia 2

Arsitek : Ater Architects / Foto : Alexei Yanchenkov


Cuci semua kaca jendela dan cermin di rumah Anda di waktu senggang untuk mengambil langkah kecil yang penting agar rumah lebih nyaman dan terkesan lebih menyegarkan.


Baca juga : 7 Hal Yang Kerap Dilupakan Saat Membersihkan Rumah


4. Bersihkan Kain Furnitur Anda

Furnitur yang terbungkus kain harus dibersihkan secara rutin juga. Contohnya sofa, pastikan Anda tidak lupa untuk menyedot debu di sofa dengan rutin. Seprai beserta sarung bantal dan selimutnya juga pastinya harus dicuci secara berkala. Jika tidak dibersihkan, kain-kain ini dapat menyimpan kotoran dan berdampak langsung pada kesehatan karena sering kontak dengan kulit.




5 Langkah Kecil Membersihkan Rumah di Waktu Luang Anda CASA Indonesia 7

chrislovesjulia


5. Bersihkan Kamar Mandi dengan Teliti dan Tuntas

Kamar mandi biasanya memakan waktu paling lama untuk dibersihkan, apalagi jika memang tidak rutin dilakukan. Biasanya, kamar mandi basah lebih rawan kotor. Untuk menjaga kebersihan kamar mandi basah, biasakan untuk langsung menyiram area yang telah digunakan agar tidak ada bekas sabun atau kotoran lain.


5 Langkah Kecil Membersihkan Rumah di Waktu Luang Anda CASA Indonesia 3

Arsitek : A Little Design / Foto : Hey! Cheese


Kamar mandi yang kering lebih mudah dijaga kebersihannya seperti ruangan lain di dalam rumah. Dalam waktu senggang ini, Anda dapat membersihkan kamar mandi secara lebih teliti dan tuntas. Dengan begitu, Anda dapat mempertahankan kebersihan yang sudah ada agar kedepannya tidak perlu mengeluarkan banyak tenaga untuk membersihkan kamar mandi.


6. Poles Furnitur yang Terbuat dari Kayu

Furnitur yang terlihat usang akan langsung membuat ruangan terasa lebih kuno dan tidak nyaman. Maka dari itu, furnitur harus dijaga tampilannya agar tetap indah dan tidak merusak penampilan ruang. Untuk furnitur yang terbuat dari kayu sebaiknya dipoles agar tampak lebih baru.


Sebelum dipoles, pastikan Anda sudah membersihkan debu terlebih dahulu. Furnitur kayu yang sudah dipoles akan terlihat berkilau dan bersih seperti baru sehingga ruangan juga akan tampak lebih indah. 


Baca juga : Tips Membersihkan Kamar Mandi Selama 10 Menit!


7. Bersihkan dan Cuci Tirai Anda

Tirai adalah salah satu hal yang sering lupa dibersihkan banyak orang. Walaupun terkesan rumit, sebenarnya membersihkan tirai tidak memakan banyak waktu. Usahakan untuk memiliki rutinitas mencuci tirai secara berkala dengan mesin cuci atau dibawa ke tempat laundry agar dapat menghindari bau dan noda.


5 Langkah Kecil Membersihkan Rumah di Waktu Luang Anda CASA Indonesia 5

Foto & Desain Interior : Banda


Tirai tidak perlu dicuci sering-sering, cukup tiga sampai enam bulan sekali. Untuk menjaga kebersihan tirai sehari-harinya, Anda dapat menggunakan penyedot debu dan steam.


Teks oleh : Bella Aqilah Suhardi
Foto Teaser : Family Handyman