Warna adalah elemen interior yang dapat mempengaruhi suasana ruangan dan mood pengguna. Setiap warna memiliki dampak yang berbeda kepada psikis manusia. Hal ini harus diperhatikan ketika memilih warna cat untuk dinding rumah Anda. Tergantung kepribadian, tujuan, dan selera setiap orang, proses pemilihan warna untuk dinding rumah pasti akan beragam.


Ingin tahu warna yang paling cocok untuk rumah Anda? Berikut 10 warna cat rumah dan suasana yang ditimbulkannya!




1. Biru yang Damai dan Sejuk

Warna biru memiliki efek yang sejuk dan menenangkan karena merupakan warna yang dingin. Selain itu, biru juga dapat membawa suasana damai alami karena menyerupai langit cerah atau laut lepas. Biru muda akan menghasilkan ruangan yang lebih terang dan lembut sementara biru tua dapat memberi kesan mewah yang sejuk.


Menarik! 10 Suasana Rumah dengan Warna Cat Berbeda CASA Indonesia 1

Barbara Duarte


Warna biru cocok untuk para penyuka suasana sejuk atau untuk ruangan yang digunakan sebagai tempat beristirahat.


2. Segarnya Warna Hijau Alam

Hijau adalah warna yang sering dikaitkan dengan tanaman dan alam. Menggunakan warna hijau dalam interior rumah akan membawa tampilan alami yang menyegarkan dan asri. Hijau terang akan memberi interior rumah tampilan cerah dan hidup sementara hijau gelap akan memberikan kesan yang lebih teduh dan sejuk.


Menarik! 10 Suasana Rumah dengan Warna Cat Berbeda CASA Indonesia 2

Delightfull


Warna hijau pastinya cocok untuk pemilik rumah yang menyukai alam atau untuk ruangan tempat berkumpul dan berbincang santai seperti ruang keluarga. 


3. Cerah dan Ceria dengan Kuning

Warna kuning tentunya identik dengan keceriaan. Selain cerah, kuning juga merupakan warna yang hangat sehingga membangkitkan semangat. Memberikan warna kuning pada interior rumah akan menghasilkan ruangan yang memancing sikap periang.


Menarik! 10 Suasana Rumah dengan Warna Cat Berbeda CASA Indonesia 3

THE NORDROOM


Kuning pastel dapat digunakan untuk suasana rumah yang cerah, sementara kuning yang lebih gelap seperti mustard dapat digunakan untuk menghindari silau dan memberi kesan hangat yang sedikit lebih teduh.


Baca juga : 6 Tips Memilih Wallpaper dan Cat Dinding Interior Rumah


4. Putih Bersih Serta Luas

Putih adalah warna yang paling sering digunakan untuk interior bangunan. Warna putih memang memiliki banyak kelebihan seperti membuat ruang terlihat bersih, memberi ilusi ruang yang luas, dan dapat dipadukan dengan warna apa saja. Selain itu, putih juga cocok untuk orang-orang yang butuh ketenangan visual untuk beristirahat atau fokus.





Orang yang membutuhkan pemandangan netral agar dapat beristirahat dengan tenang sebaiknya menggunakan warna putih pada interior ruangan karena tidak memicu penglihatan seperti warna lain. 


5. Hangatnya Warna Coklat yang Membumi

Sama halnya dengan warna hijau, coklat sering dikaitkan dengan alam. Berbeda dengan warna hijau yang lebih sejuk seperti dedaunan, warna coklat yang identik dengan kayu umumnya memberi interior rumah tampilan alami yang hangat.


Menarik! 10 Suasana Rumah dengan Warna Cat Berbeda CASA Indonesia 4



Dunelm


Kesan natural yang timbul dari warna coklat juga dapat menghasilkan suasana ruang yang membumi dan nyaman. Nuansa warna coklat cocok bagi para pecinta alam yang menyukai tampilan interior natural dan suasana yang cozy


6. Semangat dan Seru dengan Warna Oranye

Beberapa orang segan menggunakan warna oranye di rumahnya karena merasa terlalu mencolok, tetapi justru itu yang membuatnya menarik. Warna oranye yang terang, hangat, dan menyala memang umumnya membangkitkan semangat dan antusiasme.


Menarik! 10 Suasana Rumah dengan Warna Cat Berbeda CASA Indonesia 5

Arsitek : Axel Vervoordt


Oranye yang sering dikaitkan dengan buah jeruk dapat memberi ruangan suasana tropis yang menyegarkan. Warna ini juga dapat memicu nafsu makan, sehingga cocok digunakan di ruang makan.


Baca juga : Bikin Happy! 12 Warna Cat yang Tepat Berdasarkan Zodiak


7. Ruangan Merah yang Dinamis

Warna ini jarang dipilih untuk interior rumah karena banyak orang takut merah menimbulkan kesan agresif, marah, tegang, atau panas. Tetapi efek-efek itu tidak akan timbul jika memilih warna merah yang sesuai. Merah adalah warna yang paling merangsang secara psikilogis sehingga memang sangat menarik perhatian.


Menarik! 10 Suasana Rumah dengan Warna Cat Berbeda CASA Indonesia 6

Marie Claire


Jika dapat memilih warna merah yang sesuai, suasana ruang dapat tampak lebih dinamis, hidup, dan seru. Warna merah cocok untuk orang-orang yang suka menonjol dan suasana bersemangat!


8. Merah Muda yang Cantik dan Elok

Warna pink atau merah mudah adalah warna yang sering dikaitkan dengan sikap romantis dan karakteristik feminin. Merah muda, seperti namanya, merupakan versi terang atau pastel dari warna merah. Warna ini sendiri termasuk warna yang cerah dan lembut sehingga memberikan ruangan tampilan tenang, terang, dan hangat. Cocok untuk penyuka suasana feminin yang tidak serius dan hampir kekanak-kanakkan. 


Menarik! 10 Suasana Rumah dengan Warna Cat Berbeda CASA Indonesia 7

Arsitek : Guillermo Santomà / Foto : Helenio Barbetta


9. Pesona Warna Ungu yang Romantis

Semua jenis warna ungu umumnya memicu kreativitas dan rasa romantis, dengan beberapa perbedaan antara warna ungu yang terang dan gelap. Ungu yang gelap adalah warna yang dapat membawa kesan mewah kepada ruang, sedangkan ungu muda memiliki efek yang hampir serupa dengan merah muda.


Menarik! 10 Suasana Rumah dengan Warna Cat Berbeda CASA Indonesia 8

Rock My Style


Menggunakan ungu pastel dapat menimbulkan suasana tenang, feminin, dan sejuk, sementara ungu tua dapat membawa suasana yang lebih bijak dan mewah.


Baca juga : 6 Arti Warna Sesuai Kepribadian


10. Tampil Elegan dengan Hitam

Warna hitam sering dikaitkan dengan sifat yang anggun, misterius, dan maskulin. Memang hitam lebih baik digunakan dengan proporsional dalam interior rumah, karena jika terlalu mendominasi dapat menimbulkan efek gelap dan memicu suasana depresif. Tetapi menggunakan warna hitam sebagai aksen ruang yang proporsional akan memberi sentuhan yang elegan kepada interior rumah. 


Menarik! 10 Suasana Rumah dengan Warna Cat Berbeda CASA Indonesia 9

Dear Lillie Studio


Teks oleh : Bella Aqilah Suhardi
Foto Teaser : Architectural Digest