Apakah Anda memiliki lahan kosong di depan rumah? Alangkah baiknya manfaatkan sebagai taman rumah. Memiliki taman rumah selain bisa mempercantik rumah Anda, hal ini juga menjadi salah satu cara untuk memperbaiki sirkulasi udara. Anda dapat menanam berbagai macam tanaman, pohon, dan juga bunga, lengkap dengan berbagai jenis rumput hias di taman rumah. 


Terdapat beberapa jenis rumput hias yang bisa Anda pilih untuk mempercantik taman rumah. Dari segi cara menumbuhkan dan merawat, rumput hias tergolong tidak susah yaitu hanya dengan memangkas dan memupuknya secara berkala. Jika Anda tertarik untuk mempercantik taman rumah, jangan lewatkan beberapa jenis rumput hias ini!




Rumput Gajah Mini


                (Jenis rumput hias. Foto: Dok. Tom Blachford (@blachford ) Arsitek: Nest Architects (@nestarchi ) /Instagram)

Sesuai dengan namanya, jenis rumput gajah mini memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan jenis rumput gajah pada umumnya. Selain memiliki ukuran yang kecil sehingga sangat pas digunakan pada taman rumah minimalis, rumput gajah mini juga memiliki karakter yang cukup unik yaitu pola pertumbuhan yang menyamping. Ukuran daun yang tidak tinggi dan tumbuh ke samping membuat jenis rumput ini tidak perlu pemangkasan secara rutin. Bahkan, jenis rumput hias ini juga tahan cuaca dan memiliki harga yang terjangkau.


Rumput Gajah Mini Varigata

rumput hias

                                        (Jenis rumput hias. Foto: Dok. Masaki Harimoto Arsitek: Atelier M+A/Instagram)


Masih tergolong ke dalam varian rumput gajah, rumput gajah mini varigata memiliki ukuran yang sama dengan rumput gajah mini biasa dengan garis-garis putih pada daunnya. Sama dengan jenis rumput gajah mini biasa, rumput gajah mini varigata juga tahan terhadap cuaca dan minim perawatan. Namun, karena memiliki bentuk yang unik jenis rumput ini umumnya sedikit lebih mahal dibandingkan jenis rumput gajah mini biasa.


Rumput Gajah Besar

Rumput hias

                        (Jenis rumput hias. Foto: Dok. ICON INTERIOR DESIGN  (@iconinteriordesign) / Instagram)


Rumput gajah besar memiliki tekstur yang kasar dan daunnya berukuran paling besar jika dibandingkan dengan varian rumput gajah yang lain. Karena ukurannya yang besar dan tekstur yang kasar, maka tak heran jika jenis rumput ini dinilai kuat dan tahan lama. Dari segi perawatannya pun cukup mudah, yakni hanya perlu disiram sesekali. 


Rumput Swiss

jenis rumput hias

    (Jenis rumput hias. Foto: Dok. Tfadtomferguson (@tfadtomferguson ) Arsitek: Ricci Bloch (@riccibloch)/Instagram)




Jenis rumput swiss adalah jenis rumput yang memiliki tekstur paling halus dan terlihat paling rapi di antara jenis rumput lainnya, sehingga cocok sebagai penghias taman rumah Anda. Tidak heran jika jenis rumput Swiss tergolong jenis rumput yang mahal karena rupanya yang indah.


Dari segi perawatan, jenis rumput ini membutuhkan ketelatenan yang tinggi, dengan rutin memotong dan memberi pupuk jenis urea untuk menghindari tumbuhnya rumput liar yang berbahaya bagi jenis rumput swiss, serta menjaga kelembapan rumput. Namun, usaha yang Anda lakukan untuk perawatan akan sebanding dengan keindahan rumput pada taman rumah. 


Rumput Peking


Rumput peking memiliki karakter daun yang runcing, kurus dan rapi. Perawatan rumput peking cenderung mudah untuk dilakukan, yakni hanya dengan memangkas secara rutin setiap dua bulan sekali dan diberi pupuk agar rumput tidak kering. Jika tidak rutin dirawat, jenis rumput peking akan tumbuh lebat dan bagian bawahnya bisa menguning karena terkena sinar matahari.  


Rumput Babat


Rumput babat memiliki karakteristik daun yang kecil dan pendek. Sayangnya, rumput babat dapat tumbuh dengan cepat, sehingga perlu dipangkas secara rutin setiap dua minggu sekali. Selain itu, jenis rumput ini juga membutuhkan pencahayaan matahari maksimal agar dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.


(Teaser: Foto: Marcelo Donadussi Arsitek: Studio Bloco Arquitetura)