Kamar tidur adalah tempat untuk melepas lelah setelah melakukan segala kegiatan dan kewajiban sehari-hari. Di dalam rumah, kamar merupakan ruangan utama yang harus mampu mengakomodasi kegiatan istirahat dengan sebaik mungkin. Maka itu, kamar tidur harus memiliki suasana yang menenangkan dan damai. Yuk, simak 10 tips feng shui kamar tidur berikut untuk istirahat yang optimal!


1. Gunakan Tempat Tidur yang Terbaik

Sebagai tempat beristirahat, tempat tidur adalah salah satu poin terpenting feng shui. Jika bisa, pilihlah tempat tidur king size yang luas untuk meningkatkan kenyamanan dan menambah ruang gerak Anda agar tidak terbatas. Menggunakan headboard yang padat dan kuat juga merupakan feng shui baik karena melambangkan kestabilan dalam hidup Anda. 




Ingin Kamar Tidur Nyaman Simak 10 Tips Feng Shui Ini CASA Indonesia 1

Arsitek: Tallerdarquitectura / Foto: Fernando Guerra


2. Posisikan Tempat Tidur dengan Optimal

Peletakkan tempat tidur untuk feng shui yang baik adalah dengan kepala yang berdempetan dengan dinding dan posisi tempat tidur di tengah ruangan agar terjangkau di ketiga sisi lainnya. Pastikan juga tempat tidur tidak sejajar dengan pintu kamar dan kaki tempat tidur tidak menghadap lurus ke pintu. 


Ingin Kamar Tidur Nyaman Simak 10 Tips Feng Shui Ini CASA Indonesia 2

Know Feng Shui


3. Posisikan Furnitur Lain Strategis Terhadap Tempat Tidur

Feng shui untuk kamar tidur dipusatkan pada posisi istirahat utama sehingga furnitur lain harus diatur dengan strategis berdasarkan letak tempat tidur. Pastikan Anda tidak dapat melihat bayangan diri Anda di cermin saat berbaring di tempat tidur karena hal tersebut dapat mengganggu istirahat. Gunakan juga sepasang meja nakas di kanan dan kiri tempat tidur sebagai lambang keseimbangan. 


Baca juga : Percaya? Ada Tanaman Pembawa Rezeki Menurut Feng Shui


4. Pertahankan Udara yang Sehat

Pastikan sirkulasi udara di kamar tidur Anda sudah maksimal. Mempertahankan udara yang bersih dan menyegarkan adalah bagian penting dari feng shui. Ini dapat dilakukan dengan membuka jendela secara berkala, menggunakan adjustable blinds, kipas angin, atau air purifier


Ingin Kamar Tidur Nyaman Simak 10 Tips Feng Shui Ini CASA Indonesia 3

Arsitektur: Pitsou Kedem Architects / Foto: Amit Geron


5. Kurangi Keberadaan Buku di Kamar

Usahakan untuk tidak menyimpan buku di kamar tidur karena dapat mempengaruhi pikiran Anda. Letakkan rak buku Anda diluar kamar, dan jika memang ada beberapa buku yang Anda perlukan di dalam kamar agar terjangkau, pilih sesedikit mungkin dan simpan di titik yang tidak terlihat ketika Anda berbaring di tempat tidur. 


6. Gunakan Bahan dan Material Ramah Lingkungan

Memilih barang dan bahan yang ramah lingkungan untuk kamar tidur adalah suatu prinsip feng shui penting yang dapat meningkatkan kualitas istirahat Anda. Material yang ramah lingkungan akan menciptakan ruang yang lebih sehat dan menyegarkan sehingga memudahkan Anda untuk melemaskan otot-otot agar istirahat berjalan lebih tenang. 




Ingin Kamar Tidur Nyaman Simak 10 Tips Feng Shui Ini CASA Indonesia 4

Desain Interior: Butler Armsden / Foto: Joe Fletcher


Baca juga : Warna Keberuntungan Apa yang Sesuai dengan Shio Anda?


7. Hindari Menyimpan Alat Elektronik di Kamar

Segala macam alat elektronik memiliki gelombang elektromagnetik yang kurang mendukung kegiatan istirahat. Untuk memperbaiki istirahat Anda agar lebih maksimal sebaiknya simpan alat-alat elektronik diluar kamar. Jika ada barang elektronik yang Anda butuhkan dalam jangkauan, pilihlah barang yang sangat penting saja dan simpan dimana tidak terlihat saat Anda berbaring di tempat tidur.


8. Pilih Kombinasi Warna yang Tenang

Warna memiliki peran besar dalam suasana sebuah ruangan, terutama kepada psikis manusia. Untuk kamar tidur yang mendukung istirahat agar maksimal, gunakan warna-warna netral yang tenang. Pilihan warna kamar tidur untuk feng shui yang terbaik adalah warna kulit, mulai dari krem hingga coklat tua. 


Ingin Kamar Tidur Nyaman Simak 10 Tips Feng Shui Ini CASA Indonesia 5

Arsitektur: Alexandra Fedorova / Foto: Ilya Ivanov


9. Tutup Semua Pintu Laci dan Lemari

Jika sudah selesai digunakan, pastikan Anda menutup kembali semua laci dan lemari Anda. Membiarkannya terbuka akan langsung membuat suasana ruangan lebih kacau dan berantakkan walaupun hal-hal lain di kamar sudah tertata. Suasana kamar yang berantakkan dapat sangat mengganggu waktu istirahat Anda sehingga tidak bisa benar-benar tenang.


Baca juga : Sempit Tapi Nyaman? 6 Ide Dekor Untuk Kamar Tidur Kecil


10. Pencahayaan Temaram yang Menenangkan

Menggunakan pencahayaan yang lembut dan hangat dapat membangun suasana kamar tidur yang menenangkan sehingga cocok untuk bersantai dan melepas lelah. Pilihlah pencahayaan kamar tidur yang memiliki warna hangat kekuningan yang tidak terlalu terang. Bahkan untuk suasana yang lebih temaram, Anda dapat menggunakan lilin sebagai ambience lighting


Ingin Kamar Tidur Nyaman Simak 10 Tips Feng Shui Ini CASA Indonesia 6

Arsitek: Marcio Kogan, Diana Radomysler, Luciana Antunes dari Studio MK27


Teks oleh : Bella Aqilah Suhardi
Foto Teaser : Erin