Pada Selasa pagi kemarin, kebakaran kembali melanda salah satu gedung di pusat kota Beirut, Lebanon. Kali ini, gedung yang sebagian besar fasadnya dimakan api merupakan gedung karya arsitek terkenal Zaha Hadid. Pertahanan Sipil Lebanon telah mengumumkan bahwa diluar kerusakan bangunan, kobaran api tidak menyebabkan cedera atau memakan korban jiwa.





Kebakaran ini terjadi tidak jauh dari pelabuhan kota Beirut dimana ledakan besar menewaskan hampir 200 orang dan menghancurkan hingga 40% dari ibukota Beirut bulan lalu. Api yang sekarang sudah dalam kendali akan segera diselidiki penyebabnya. Berikut beberapa fakta tentang gedung karya Zaha Hadid ini!


1. Proyek ini Bernilai Lebih Dari 40 Juta Dollar AS

Dibangun untuk bagian utara Beirut Souks, proyek Zaha Hadid Architects ini memiliki nilai lebih dari 40 juta dolar AS atau setara dengan 594 miliar rupiah. Beirut Souks merupakan daerah komersil utama di kota Beirut dengan lebih dari 200 toko, 25 restoran dan kafe, pusat hiburan, kompleks bioskop, dan department store yang akan datang.


Kebakaran Lagi 4 Fakta Gedung Zaha Hadid di Beirut CASA Indonesia 1

Forward Fins


2. Hampir Selesai, Gedung Alami Kerusakan Berat

Gedung rancangan Zaha Hadid ini telah menjalankan masa pembangunan selama bertahun-tahun dan sudah hampir selesai saat terjadi ledakan pada tanggal 4 Agustus lalu. Dari ledakan ini sendiri, gedung mengalami kerusakan bernilai lebih dari 7 juta dollar AS. Ditambah dengan kebakaran hari Selasa kemarin, kerusakan total yang dialami bangunan diperkirakan telah berlipat ganda. 


Kebakaran Lagi 4 Fakta Gedung Zaha Hadid di Beirut CASA Indonesia 2



blogbaladi


3. Dibangun Dengan Niat Mengejar Sertifikasi LEED-CS

Proyek Zaha Hadid ini dijalankan dengan mengejar sertifikasi LEED Silver. LEED merupakan sistem penilaian green building yang sudah mendunia. Melalui konsultasi panjang dengan ahli, komponen mekanis dan kelistrikan proyek telah dirancang dan direncanakan dengan tujuan mencapai sertifikasi tersebut. 


Kebakaran Lagi 4 Fakta Gedung Zaha Hadid di Beirut CASA Indonesia 3

Forward Fins


4. Rancangan Gedung Memiliki Berbagai Fasilitas Komersil

Gedung ini dirancang untuk melengkapi Beirut Souks dengan fasilitas-fasilitas komersil yang mencakup kompleks bioskop (1), pusat rekreasi keluarga (2), gedung restoran berbentuk huruf L (3), Khan Antoun Bey Square (4), serta department store (5). Meskipun begitu, akibat bencana ledakan dan kebakaran yang melanda dalam waktu berdekatan, sekarang gedung ini belum tentu dapat diselesaikan atau operasional. 


Kebakaran Lagi 4 Fakta Gedung Zaha Hadid di Beirut CASA Indonesia 4

solidere


Teks oleh : Bella Aqilah Suhardi
Foto Teaser : Forward Fins