Lagi-lagi PSBB di Jakarta diperpanjang, bagaimana dengan kota Anda? Dengan semakin lamanya kita harus di rumah saja, berarti waktu Anda untuk membenah rumah semakin banyak.


Area kamar mandi adalah salah satu area yang membutuhkan banyak effort untuk direnovasi, yaitu dari segi waktu dan biaya. Maka dari itu, jangan asal renovasi. Cek dulu 8 inspirasi desain kamar mandi minimalis yang paling favorit di Instagram CASA Indonesia.






1. Ternyata warna pink di kamar mandi itu ada artinya lho!

Sejak itu, begitu banyak desainer yang mengaplikasikannya, terutama kamar mandi ini. Dengan keramik dinding yang melengkung dan unik, nuansa kamar mandi menjadi semakin menyenangkan. Warna pink dapat memberikan efek menenangkan pada saraf dan membantu meredakan perasaan marah, agresif, dan malas


8 Desain Renovasi Kamar Mandi Terfavorit di Tahun 2020

Jade & Anthony from @houseofchais


2. Lepas stres bersama alam di kamar mandi

Untuk membuat kamar mandi semi outdoor di dalam rumah, Anda bisa menempatkan area kamar mandi di sisi rumah agar terhubung dengan area outdoor rumah Anda. Sebagai privasi, gunakan tembok beton minimal setinggi 3,5 meter sebagai pagar rumah sekaligus dinding dari kamar mandi Anda. Berikan void di antaranya sebagai akses untuk sinar matahari masuk. 


8 Desain Renovasi Kamar Mandi Terfavorit di Tahun 2020

Edition OfficeBen Hosking


Untuk aksen natural, tempatkan beberapa pot tanaman di sudut-sudut kamar mandi dan aplikasikan kayu sebagai lantai kamar mandi Anda.


3. Tips memilih lantai kamar mandi, ternyata tidak sulit

Tidak seperti lantai di ruangan lain, memilih lantai kamar mandi membutuhkan perhatian ekstra karena tidak hanya harus terlihat bagus, tetapi juga harus aman dan tidak mudah licin. Ada banyak material tidak mudah licin yang bisa Anda gunakan sebagai lantai kamar mandi; mulai dari vinyl, ubin batu, hingga yang paling populer, keramik. 



Lantai keramik lebih populer untuk kamar mandi karena tahan air dan memiliki corak beragam. Meski keramik tidak sekasar ubin batu, Anda bisa bereksplorasi dengan ukuran dan model pemasangan lantai. Di dalam kamar mandi ini, lantai keramik dibuat persegi panjang dengan dimensi tidak terlalu besar, lalu disusun dalam pola herringbone. Selain indah, guratan sambungan lantai dan pola herringbone dapat membuat kamar mandi tidak terasa licin.


4. Tips menggunakan warna hijau di kamar mandi agar terlihat elegan

Warna hijau lumut merupakan salah satu pilihan favorit saat ingin menyuntikkan warna di rumah berkonsep modern. Karena bantu mencerahkan ruangan tanpa terasa berlebihan. Terkait penggunaan warna di rumah, Anda lebih menyukai warna putih saja atau senang mengkombinasikan beberapa warna kah?


8 Desain Renovasi Kamar Mandi Terfavorit di Tahun 2020

Vymir Design


5. Renovasi shower box di kamar mandi kecil

Bentuk shower box segi empat akan memakan ruang. Triknya adalah memangkas bagian sudutnya sehingga memiliki lima sisi. Gunakan head shower yang seakan tersembunyi dan menghasilkan ilusi air terjun dari langit. Untuk menghadirkan pencahayaan alami, gunakan tempered glass ceiling. Inilah foto perubahannya.




8 Desain Renovasi Kamar Mandi Terfavorit di Tahun 2020

Mantis Design + Build


6. Memberikan kesan rapi di kamar mandi kecil

Manfaat penggunaan wastafel yang melayang (floating) dapat membantu ciptakan ilusi ruang lebih tinggi terutama untuk kamar mandi berukuran kecil. Dengan dibuatnya rongga di bawah wastafel, membuat cahaya bisa masuk menerangi area ini. Manusia secara tak sadar kerap mengasosiasikan area bercahaya sebagai tambahan ruang yang membuat kesan lebih luas.


8 Desain Renovasi Kamar Mandi Terfavorit di Tahun 2020

Alexandra Kidd Design / Pablo Veiga


7. Sinar matahari sebaiknya diberi celah untuk menyinari kamar mandi

Salah satu keunggulan yang didapat dari tinggal di negara tropis seperti Indonesia adalah intensitas matahari yang cukup tinggi. Berkat cahaya matahari yang meilimpah, Anda dapat merancang rumah dengan konsep hemat energi bahkan untuk area kamar mandi sekalipun. 


8 Desain Renovasi Kamar Mandi Terfavorit di Tahun 2020

Assembledge+ / Matthew Millman


Dalam rancangan desainnya, Anda dapat menghadirkan bukaan kaca untuk menggantikan peran atap kamar mandi. Cahaya matahari yang masuk ke dalam ruangan dapat menjaga tingkat kelembapan kamar mandi.


8. Seringkali, ukuran ruang yang terbatas jadi hambatan dalam mendesain ruangan, termasuk kamar mandi. Ini solusinya!

Dalam mendesain kamar mandi mungil sebesar 1x2 meter ada beberapa aspek yang harus Anda perhatikan. Seperti pemilihan warna, ventilasi, pencahayaan, penggunaan aksesori pelengkap yang akan digunakan dan susunan interior yang cukup simpel tapi maksimal.


8 Desain Renovasi Kamar Mandi Terfavorit di Tahun 2020

A Little Design / Hey! Cheese


Jika Anda ingin memiliki bathtub untuk kamar mandi minimalis, Anda bisa menggunakan alcove bathtub atau yang dikenal dengan bentuk persegi panjang dan dipasang menyatu dengan dinding kamar mandi karena itu akan membantu membuat kamar mandi Anda tetap terasa leluasa.


9. Keramik dinding kamar mandi harus 1 warna dan semotif? Tentu tidak!

Anda dapat mengeksplorasi peletakan keramik untuk menciptakan kesan yang unik. Semisal, keramik persegi panjang pada dinding bisa dipasang dengan pola chevron. Gunakan tone warna yang masih beririsan jika Anda tidak mau kamar mandi terlalu ramai.




Foto teaser: cm Studio / Prue Ruscoe