Di kawasan Marina Bay, Singapura, terdapat sebuah bola raksasa yang terlihat mengapung di Teluk Singapura.

Bola raksasa ini merupakan toko milik Apple yang diberi nama Apple Marina Bay Sands. Bangunan berupa dome dengan diameter sebesar 30 meter ini dilapisi dengan kaca hitam yang mencerminkan permukaan laut di sekelilingnya saat di siang hari serta pemandangan ikonis city landscape milik Singapura di malam hari.




Apple Buat Bola Raksasa Mengapung Di Teluk Singapura / Apple 1


Terobosan unik dari Apple ini merupakan hasil kolaborasi bersama dengan Foster + Partners sekaligus menjadi karya arsitektur ikonis yang terbaru di kawasan Marina Bay.



Baca juga, Perpaduan Apple dan Foster + Partners di Tokyo


Apple Buat Bola Raksasa Mengapung Di Teluk Singapura / Apple 2

Apple Buat Bola Raksasa Mengapung Di Teluk Singapura / Apple 3


Berperan sebagai toko yang menghadirkan produk teranyar dari Apple, bola raksasa dapat diakses melalui The Shoppes at Marina Bay Sands. Akses ini berupa jalan melengkung sepanjang 45 meter dengan lebar 7,6 meter sebelum menghantarkan pengunjung pada eskalator untuk memasuki bagian dalam toko.


Baca juga, 10 Ide Kado Untuk Pasangan: Strap Apple Watch Elegan




Sesaat memasuki toko, pengunjung dibuat terpukau dengan struktur interior yang memancarkan cahaya berkesan dramatis melalui semi-opaque oculus di bagian teratas kubah.


Baca juga, Intip Keunikan Apple Store di Mall Aventura Miami


Apple Buat Bola Raksasa Mengapung Di Teluk Singapura / Apple 4




“The dome appears ephemeral. The effect is very calming, and the changing intensity and colour of the light is mesmerising. It is not only a celebration of Apple’s incredible products, but a celebration of light.” - Stefan Behling, Foster + Partners



Apple Buat Bola Raksasa Mengapung Di Teluk Singapura / Apple 6

Apple Buat Bola Raksasa Mengapung Di Teluk Singapura / Apple 7



Kubah merupakan penggabungan antara struktur metal dan kaca. Sejumlah 114 panel kaca melengkung menutupi kubah sembari menaungi solar shading guna membuat interior terasa sejuk. Ukuran dari sunshade dirancang semakin mengecil seiring posisinya semakin ke atas kubah. Ide ini diterapkan guna menjadi penyerap akustik di bagian dalam toko.


Apple Buat Bola Raksasa Mengapung Di Teluk Singapura / Apple 8


Layaknya taman kota ala Singapura, interior toko turut diisi sepuluh pohon yang membantu menjadi naungan bagi pengunjung di dalam toko. Selain itu, sejumlah modul tempat duduk turut tersedia agar pengunjung bisa menikmati suasana di toko serta pemandangan indah di luar kubah.


Baca juga, Sensasi Hutan di Apple Store London


Apple Buat Bola Raksasa Mengapung Di Teluk Singapura / Apple 9



Sumber foto: Apple