Pada saat musim panas, hawa panas bisa sangat terasa di dalam rumah. Terkadang, ini dapat mengganggu aktivitas harian dan mood saat berada di dalam rumah. Studi menunjukan bahwa cuaca yang panas dapat memengaruhi suasana hati dan agresivitas. Kondisi panas membuat tubuh dehidrasi yang bisa berdampak pada suasana hati (mood).


Oleh karena itu, menciptakan rumah yang sejuk tentu dapat berpengaruh terhadap suasana hati yang lebih baik. Penggunaan air conditioner setiap hari secara terus menerus -- terutama saat musim panas -- tentunya bisa membuat tagihan listrik melonjak, bahkan dapat mengganggu kesehatan. Beberapa cara di bawah ini dapat membantu Anda membuat rumah lebih sejuk saat hari-hari yang panas. 





1. Tutup jendela dengan tirai

membuat rumah lebih sejuk

(Carlos Caamal on Pexels)


Hingga 30 persen panas dari luar masuk ke dalam rumah Anda melalui jendela. Menutup jendela dengan tirai dapat membantu mengurangi panas yang masuk ke dalam rumah, karena tirai memang diciptakan untuk menghalangi masuknya sinar matahari. Sebaiknya, tutup semua jendela dengan tirai saat tengah hari di musim panas, sehingga rumah terasa lebih sejuk. 


Ada banyak model dan bahan tirai yang bisa Anda sesuaikan dengan gaya rumah Anda. Disarankan untuk memilih dan menggunakan blackout curtains, yang dapat menghalangi sinar matahari dengan baik. 


Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan kaca film untuk menutup jendela. Lapisan kaca film dapat mengurangi intensitas cahaya yang masuk, tanpa membuat ruangan terasa tertutup dan pengap. 


2. Matikan alat elektronik yang tidak dipakai

membuat rumah lebih sejuk

(Pixabay on Pexels)


Perlu diketahui, sebagian besar alat elektronik dapat mengeluarkan hawa panas saat digunakan. Hawa panas ini bisa terkurung di dalam rumah dan membuat rumah terasa lebih panas -- terutama saat musim panas. Karena alasan inilah, saat hari-hari panas terik, sebaiknya matikan alat-alat elektronik yang tidak terpakai. Cara ini bisa membuat rumah terasa lebih sejuk. 


3. Buat langit-langit rumah lebih tinggi


(Max Vakhtbovych on Pexels)


Membuat langit-langit rumah lebih tinggi dapat membuat rumah terasa lebih sejuk, terlebih saat hari-hari panas di musim panas. Ini karena, langit-langit rumah yang lebih tinggi akan memperlambat masuknya hawa panas dan memberikan sirkulasi udara yang baik ke dalam ruangan. Dengan kata lain, langit-langit rumah yang tinggi dapat mengurangi hawa panas masuk ke dalam rumah. 


4. Terapkan ventilasi silang

membuat rumah lebih sejuk

(Photo: Febrina (@hauz.of.momo))




Menerapkan sistem ventilasi silang dapat membuat rumah terhindar dari suhu panas. Sistem ventilasi silang merupakan sistem sirkulasi udara dimana terdapat dua bukaan jendela, atau bisa juga pintu, yang letaknya saling berhadapan di dalam satu ruangan. Dengan begitu, sirkulasi udara di dalam ruangan akan semakin lancar dan hawa panas akan berkurang. 


5. Pasang kanopi di jendela

Membuat rumah lebih sejuk

(Matheus Cenali on Pexels)


Menghindari hawa panas masuk ke dalam rumah dapat dilakukan dengan cara memasang kanopi di jendela. Kanopi dapat memberikan perlindungan terhadap teriknya panas matahari sehingga tidak masuk ke dalam rumah. Ada banyak pilihan kanopi yang bisa Anda sesuaikan dengan budget dan gaya rumah Anda. 


Baca juga : 7 Model Kanopi Minimalis Terbaru untuk Teras Rumah


6. Membuat taman dan perbanyak vegatasi

membuat rumah lebih sejuk

(Photo: Hoang Le / Arsitek: Dom Architect Studio)


Sudah menjadi rahasia umum jika keberadaan tanaman atau pepohonan di rumah dapat menyumbang kesejukan. Ini karena, beberapa tanaman dan pepohonan, dapat menghasilkan oksigen, menjadi perindang, menyerap karbondioksida, dan menyerap debu. 


Jika Anda tidak memiliki cukup lahan untuk membuat taman, Anda bisa membuat vertical garden yang tidak membutuhkan lahan yang luas. Pada dasarnya, vertical garden adalah taman yang dibangun pada bidang yang tegak lurus dengan tanah, misalnya dinding. Ini dapat mereduksi intensitas panas yang masuk ke dalam rumah dan meningkatkan kualitas udara, sekaligus meningkatkan estetika rumah. 




(Teaser: Max Vakhtbovych on Pexels)