Memiliki ruangan yang tidak terlalu luas dapat membuat ruang gerak menjadi terbatas, terlebih dengan adanya besaran furnitur yang bisa membuat ruangan terasa semakin sempit. Tetapi, jangan terburu-buru untuk segera memperluas ruangan, karena ternyata ada cara yang dapat Anda lakukan untuk membuat ruangan tampak lebih besar, yakni dengan permainan warna cat dinding. 


Penggunaan warna cat dinding tertentu dapat membuat ruangan yang sempit tampak lebih luas karena dinilai bisa menghidupkan ruangan. Berikut ini, CASA Indonesia telah merangkum beberapa warna cat dinding yang cocok diaplikasikan pada ruangan sempit -- membuat ruangan tampak lebih luas. 





1. Warna cat dinding putih

warna cat dinding untuk ruangan sempit

(Arsitektur: Kuanchanok Pakavaleetorn Architects / Photo: W-Workspace)


Sudah bukan menjadi rahasia lagi, jika warna cat dinding putih -- termasuk off white dan clean white -- dapat membuat ruangan sempit terasa lebih luas. Warna putih adalah warna yang simple dan bersih, membuat ruangan terasa hidup, serta memberikan rasa tenang ke seluruh ruangan. Kontraskan warna cat dinding putih dengan warna hijau dari tanaman hias indoor, lantai atau furnitur kayu. Dengan begitu, ruangan sempit bisa terasa lebih besar dan hidup. 


2. Warna cat dinding krem 

warna cat dinding agar ruangan tampak lebih luas

(cocolapinedesign.com)


Warna cat dinding lain yang dapat membuat ruangan sempit tampak lebih luas adalah warna krem. Selain itu, warna krem juga bisa memberikan kesan hangat dan nyaman pada ruangan. Anda bisa memadukan warna cat dinding krem dengan aneka dekorasi dan furnitur berwarna senada, putih, atau kayu. 


3. Perpaduan warna cat dinding putih dan abu-abu


(Jessica Paras / littlehouseoffour.com)


Jika Anda memiliki rumah berkonsep minimalis, perpaduan warna cat dinding putih dan abu-abu bisa membuat ruangan terlihat lebih luas dan lebih modern. Berikan warna kontras untuk menghidupkan ruangan, seperti warna hijau atau merah. 


4. Warna cat dinding lime green


(decorpad.com)


Tak hanya memberikan kesan ruangan yang lebih luas, menggunakan cat dinding berwarna lime green juga dapat menghadirkan sentuhan tropis dan fresh pada ruangan. 


Warna cat dinding ini dapat memantulkan cahaya dari matahari atau sinar lampu dengan baik sehingga akan memberikan kesan ruangan yang lebih terbuka dan terang. Anda bisa mengombinasikan warna cat dinding lime green dengan warna yang lebih netral seperti putih, jika dirasa terlalu dominan. 


5. Warna cat dinding taupe


(100procentwoongeluk.nl)


Jika Anda menginginkan warna cat dinding yang tidak terlalu terang seperti lime green, atau terlalu netral seperti putih dan krem, namun tetap ingin warna cat dinding yang berwarna, warna taupe mungkin bisa menjadi solusi. Warna cat dinding taupe adalah solusi cerdas untuk ruangan sempit, karena bisa membuat ruangan kecil tampak lebih besar. Taupe adalah warna yang bisa meningkatkan suasana ruangan lebih nyaman dan santai. 


6. Warna cat dinding pale blue


(Jess Weeth / Ariana Belle / ariannabelle.com)




Warna cat dinding yang cocok diaplikasikan pada ruangan sempit adalah pale blue. Ini akan membuat ruangan tampak lebih terbuka, terasa lebih luas, dan terlihat indah, terutama ketika cahaya matahari masuk melalui tirai tipis. 


Saat dipadukan dengan warna lainnya, seperti pale pink dan putih, warna ini akan memberikan kesan lembut dan calming pada ruangan. 


7. Warna cat dinding pastel

warna cat dinding agar ruangan tampak lebih luas

(www.asianpaints.com)


Warna pastel adalah warna muda yang dapat memberikan kesan luas bagi ruangan sempit. Selain itu, menggunakan cat dinding warna pastel juga bisa menghadirkan kesan tenang, lembut, dan segar, memberikan keceriaan, serta mampu menghilangkan stres.


8. Warna cat dinding kuning

warma cat dinding agar ruangan tampak lebih luas

(centsationalstyle.com)


Sama seperti warna cat dinding lime green, warna cat dinding kuning juga mampu memantulkan cahaya matahari dengan baik. Kemampuannya inilah yang bisa membuat ruangan yang sempit terasa lebih luas, cerah, dan fresh. Pertimbangkan untuk mengombinasikan dengan furnitur berwarna putih untuk menambah dimensi pada ruangan yang tidak terlalu luas. 


9. Perpaduan warna putih dan turquoise


(paintzen.com)


Untuk memberikan ilusi ruangan yang lebih luas, Anda bisa memadukan dua warna yakni putih dan turquoise. Ini bertujuan untuk menciptakan separasi visual sehingga ruangan sempit terasa lebih luas. 


10. Warna cat dinding abu-abu

warna cat dinding agar ruangan tampak lebih luas

(cocolapinedesign.com)


Selain warna-warna cat dinding yang udah disebutkan sebelumnya, tidak lengkap rasanya jika tidak memasukan warna abu-abu ke dalam daftar warna cat dinding yang cocok diaplikasikan pada ruangan sempit, yang membuat tampak lebih luas. Warna cat dinding abu-abu juga bisa menciptakan kesan klasik atau modern ke dalam ruangan. 




(Teaser: Photo : Kristoffer Johnsson)