Banyak yang bilang kalau ruang tamu adalah ruang pertama yang merepresentasikan minat dari pemilik rumah. Ini pula yang kerap membuat orang begitu giat dalam menghadirkan desain interior terbaik pada ruang ini. Bagi pemilik rumah yang sedang tertarik untuk upgrade desain interior ruang tamunya, Anda tak perlu merogoh kocek terlalu dalam dan melakukan renovasi total yang menghabiskan waktu serta biaya.







Keterbatasan budget tak dipungkiri menjadi salah satu hambatan dalam mendekorasi tempat tinggal sehingga terlihat lebih menarik daripada sebelumnya. Kerap kali hadir pandangan yang menganggap ini hanya bisa dicapai dengan bantuan konsultasi profesional di bidang arsitektur dan desain interior. Namun, beberapa tahun ke belakang hadir sebuah tren yang memungkinkan para pemilik hunian untuk mempercantik interior hunian secara mandiri.

Tren tersebut dikenal dengan istilah DIY (Do It Yourself). Sesuai dengan istilahnya, pemilik rumah atau apartemen dapat membuat aksesori untuk melengkapi keindahan interiornya tanpa bantuan orang lain. Keunikan DIY juga mengharuskan pemilik rumah untuk memaksimalkan barang-barang yang ada dan menyulapnya menjadi sesuatu yang menarik perhatian.

Lalu, ide upgrade desain interior ruang tamu seperti apa sajakah yang bisa Anda coba terapkan di rumah?


1. Gunakan sponge untuk membuat motif daun

Anda dapat hadirkan nuansa alam pada interior dengan hanya bantuan sponge dan sedikit imajinasi, Pertama-tama ubah warna seluruh dinding dengan cat warna hijau gelap terlebih dahulu sebagai warna dasar. Setelah mengering, gunakan sponge untuk berikan pola pada dinding menyerupai bentuk daun pakis dengan cat pelapis colour motion berwarna hijau yang lebih muda untuk menghidupkan suasanya.




Baca juga, 7 Cara Menyulap Ruang Tamu Menjadi Baru Secara DIY


2. Gabungkan LED dan batang pohon menjadi lampu

Untuk menambah keunikan, Anda bisa coba untuk hadirkan elemen pencahayaan interior menggunakan bantuan batang pohon dan akrilik. Pertama, Siapkan bohlam LED berukuran kecil yang dipasang di dinding. Kedua, potong batang pohon yang masih memiliki daun menjadi dua, sambung kembali menggunakan akrilik berbentuk silinder. Atur posisi tempatkan gabungan pohon dan akrilik di atas pot kecil. Atur posisi tabung akrilik yang transparan sehingga membelakangi LED dengan sesuai dan memiliki bias cahaya yang cukup.




3. Rancang furnitur portable untuk ruang keluarga di apartemen

Mensiasati keterbatasan ruang di apartemen, anda bisa mulai merancang meja portable gantung yang dapat berfungsi juga sebagai rak penyimpanan. Letakan di dinding yang memisah ruang dan jadikan meja tersebut sebagai sekat antara ruang keluarga dan ruang kerja Anda sehingga hasilkan penataan yang rapi dan minimalis. Pastikan pemilihan warna yang Anda pilih tidak terlalu jauh dari rona interior saat pertama kali dirancang, agar mampu melebur manis.






Baca juga, Perhatikan 5 Hal ini Sebelum Bikin DIY dari Botol Kaca!


4. Pilih kombinasi warna yang dapat hadirkan semangat

Untuk menambah kenyamanan di aparteremen, Anda bisa dekor ruang keluarga dengan warna cat yang mampu membangkitkan semangat, seperti paduan warna biru dan palet earthy. Lengkapi juga ruangan tersebut dengan furnitur-furnitur berwarna netral, seperti warna cokelat.

Jika sudah selesai bermain warna, mulai tata ruang kerja Anda. Usahakan ruang kerja di unit apartemen Anda berada dekat dengan jendela. Pemandangan kota yang beragam, serta pepohonan dapat menambah suasana yang tenang.





Foto teaser: Carolina Lacaz / Ana Sawaia Arquitetura
Sumber foto: dok. Master Desain Apartemen