Vertical garden atau dikenal juga sebagai taman vertikal dan greenwall ini merupakan media tanam alternatif untuk hunian yang ingin menghadirkan taman hijau yang ditata secara tegak lurus. Keberadaan taman ini sangat cocok untuk rumah atau apartemen yang memiliki keterbatasan lahan, sehingga tidak bisa memungkinkan untuk mempunyai taman horizontal. 


Karena sifatnya yang bisa diaplikasikan untuk indoor dan outdoor, vertical garden mampu menghemat ruang demi menghadirkan nuansa hijau pada rumah. Anda hanya perlu menentukan spot terbaik di dalam serta di luar rumah untuk pengaplikasiannya.





Kedua sistem tanam tersebut memang memiliki tujuan yang berbeda, namun secara fungsi masih melengkapi dasar dari keberadaan vertical garden, sebagai alternatif lahan tanam. Selain itu, taman vertikal juga bisa digunakan sebagai penangkal hawa panas, mengurangi polusi udara, meningkatkan suplai oksigen, hingga meredam polusi udara. Tidak hanya baik untuk lingkungan, taman vertikal juga memiliki keuntungan sebagai sebuah dekorasi rumah.


Ini dia 6 inspirasi rumah menggunakan vertical garden.


1. Ceiling tinggi agar bisa menikmati pemandangan dari dalam

Siapa yang setuju kalo langit-langit yang tinggi bikin rumah jadi adem?  Dinding yang menghadap taman dapat dibagi menjadi dua. Bagian bawah menggunakan jendela sekaligus pintu menuju taman, sedangkan bagian atasnya diberikan deretan partisi kayu. Tiap partisi diberi celah sedikit demi jaga privasi, namun tetap memberi celah cahaya masuk ke dalam rumah.


5 Desain Vertical Garden Agar Rumah Sejuk

Fotografer: Ganadu Balasuriya /  Arsitek: Iconcast


Keuntungan penataan yang mudah hadir jika Anda menggunakan sistem tanam living wall. Sistem tersebut memudahkan pemilik rumah untuk sekadar mengganti pot atau bahkan memindahkan tanaman tersebut ke bidang taman vertikal lainnya.


2. Artificial pun tetap cantik

Pengen nuansa hijau di tampak depan rumah, tapi khawatir sulit merawatnya karena sulit dijangkau. Solusinya artificial plants. Pilih model tanaman yang cocok untuk vertical garden, seperti Bunga Lipstik, Dollar Plant, Sirih Gading, Lili Paris, dll.


5 Desain Vertical Garden Agar Rumah Sejuk

Fotografer: Mario Wibowo / Arsitek dan Desainer Interior: Arcade Living (@arcade_living)


Memang setelah 3 bulan, warnanya akan memudar jadi disarankan tetap diganti. Artificial bukan berarti selamanya bisa dipakai, namun tentu perawatan dan durasi pergantiannya lebih lama daripada tanaman asli.


Baca juga, Tidak Mudah Layu & Mati, Ini Dia 10 Tanaman Hias Tahan Panas




3. Gaya rumah tropis yang mewah

Buat yang punya lahan besar, sekalian aja yuk kita desain rumahnya bergaya resort. Rumah ini punya luasan tanah 1280 m² dan didesain dengan gaya resort tropis yang serba terbuka. Untuk area halaman belakang difungsikan sebagai kolam renang dan teras yang menyatu dengan bagian dalam rumah. Sementara, area rooftop juga dimanfaatkan untuk area berjemur atau bersantai bersama keluarga.


5 Desain Vertical Garden Agar Rumah Sejuk

Fotografer: Fran Parente / Arsitektur: Matheus Farah + Manoel Maia Arquitetura


4. Vertical garden di living room? Ternyata bagus!

Mau tahu cara meningkatkan produktivitas sebanyak 15% saat di rumah? Solusinya adalah memiliki tanaman yang tak hanya meningkatkan konsentrasi, bisa mengurangi stres dan jadi mood booster terbaik. Bagi yang memiliki rumah mungil, Anda bisa menerapkan vertical garden di dalam rumah untuk menghemat ruang.

Tapi, jangan lupa terapkan extra layer akan plywood (sudah dilapisi water sealer) pada dinding supaya tidak merusak dinding utama.


5 Desain Vertical Garden Agar Rumah Sejuk

Fotografer: Photons ( @photonsfotografia ) /  Arsitek: @meet.arquitetura


5. Penangkal panas dan estetika jadi satu

Memiliki rumah dengan vertical garden pada eksterior tentu tidak hanya berfungsi sebagai penangkal hawa panas. Secara estetis, keberadaan taman vertikal tersebut juga bisa menambah keindahan dan kesan dramatis untuk rumah Anda.


5 Desain Vertical Garden Agar Rumah Sejuk.

Fotografer: Gala Indiga ( @galaindiga )


Konsep modern bercampur dengan konsep natural dalam fasad berbentuk trapesium. Fasad bermaterial kayu dan bebatuan menciptakan kesan maskulin. Diimbangi dengan tumbuhan hijau, rumah pun terlihat sejuk dan hangat.


6. Ide desain planter box untuk di taman rumah

Selain pot satuan yang sering banyak digunakan, Anda bisa menciptakan planter box dari concrete yang menyatu dengan dinding taman. Kehadiran tanaman hijau di area ini, membuat taman terasa lebih hidup dan tidak kaku walaupun dikelilingi dengan dinding solid terbuat dari concrete.


5 Desain Vertical Garden Agar Rumah Sejuk

Fotografer: Richard Hammond / Arsitek: Inverse Project