Para calon ibu baru, apakah sedang mencari inspirasi desain kamar bayi atau nursery room? Mempersiapkan kamar bayi atau nursery room lebih dari sekadar menaruh baby cribs dan menggunakan wallpaper bergambar menggemaskan, namun ada elemen desain yang perlu diperhatikan demi kenyamanan dan kesehatan si kecil.


Menyambut kedatangan si kecil, bagi Anda yang sudah menyiapkan kamarnya, pastikan enam furnitur ini ada di dalamnya. Penting sekali agar sang bayi dapat bertumbuh menjadi cerdas dan sehat. Oleh karena itu, nuansa ruangan perlu menciptakan suasana yang kreatif, inspiratif, edukatif, dan juga aman. Secara psikologis, warna pastel mampu membantu bayi merasa tenang untuk mengantarkan mereka tidur.





Jadikan kamar tidur bayi Anda tepat sesuai fungsinya dan juga nyaman. Inilah 7 furnitur untuk kamar tidur bayi yang bisa Anda dapatkan di beberapa online dan offline store. Selamat hunting, moms!


New Moms! Ini 7 Furnitur Wajib Buat Kamar Bayi



1. Tempat Tidur Bayi

Ini adalah barang utama yang Anda harus siapkan, walaupun sering kali banyak orang tua yang akhirnya memilih untuk tidur bersama dengan bayi untuk memudahkan menyusui di tengah malam. Anda dapat menentukan pilihan jenis tempat tidur bayi sesuai kebutuhan dan juga ruangan. Ukuran, material, dan model yang tersedia di pasaran memang beragam, tapi faktor keamanan adalah nilai utama yang harus Anda prioritaskan.


2. Changing Table

Meski terkesan sederhana, aktivitas mengganti popok atau memakaikan baju bayi pada praktiknya cukup menantang. Oleh sebab itu, keberadaan changing table membuat aktivitas ini lebih nyaman karena sesuai ergonomi penggunanya.


3. Lemari atau Laci Pakaian Bayi

Pilihlah media penyimanan yang serbaguna. Lemari pakaian bayi misalnya; baiknya dapat menampung pakaian dan perlengkapan yang harus digantung dan juga memiliki laci atau rak untuk storage lainnya. Anda juga dapat memiliki laci pakaian yang banyak terdapat pada changing table sekaligus.


Baca juga, 5 Tips Merancang Kamar Bayi yang Super Menggemaskan


4. Nursing Chair

Kursi atau sofa yang nyaman menunjang aktivitas menyusui, menimang, atau membacakan cerita untuk si kecil. Karena faktor kenyamanan jadi hal yang terpenting, bantalan yang baik atau keberadaan otttoman jadi nilai tambah.


Kebutuhan utama bagi sang ibu adalah tempat tidur atau kursi yang nyaman saat menyusui atau memompa ASI. Kursi yang disarankan adalah arm chair atau sofa two-seater dengan back rest yang empuk. Kehadiran footrest atau ottoman akan lebih mengoptimalisasi momen ini. Menyematkan beberapa cushion bisa menjadi penyangga yang beraksen manis.


5. Side Table

Pada saat Anda melakukan aktivitas di nursing chair, banyak perlengkapa Anda atau si kecil yang harus lekas didapat. Keberadaan side table di sebelah nursing chair akan memudahkan Anda ketika harus mengambil tisu atau meletakkan buku cerita sebelum meletakkan si kecil ke tempat tidurnya.


6. Karpet

Wol adalah bahan permadani yang aman untuk anak Anda merangkak. Ini adalah bahan alami dan tidak diolah dengan bahan kimia beracun. Kain wol juga antialergi. Bayi Anda dapat menghabiskan waktu berjam-jam merangkak atau berguling-guling di atas kain ini dan Anda tidak akan melihat mereka menangis karena gatal yang mengganggu. Wol juga tahan api dan salah satu bahan karpet yang paling tahan lama. 


7. Rak Serbaguna

Mulai dari koleksi buku pertama, mainan, atau sekadar pajangan, dapat Anda letakkan ke dalam kotak-kotak penyimanan dan menyusunnya ke rak serbaguna ini.


Intinya Anda membutuhkan satu tempat khusus untuk meletakkan barang-barang si kecil sesuai kategorinya masing-masing. Masih bingung gaya interior apa yang ingin diterapkan pada kamar tidur bayi Anda? Coba gaya Mid Century ini dengan deretan produknya yang dapat diperoleh di Indonesia.




New Moms! Ini 7 Furnitur Wajib Buat Kamar Bayi

1. Lampu gantung Heracleum ukuran small dari Moooi, dapat diperoleh di Vastuhome; 2. Boks bayi Cocoon Crib 75x100, dari Cotonnier; 3. Rocking lounge chair James, dari Fabelio; 4. Cermin Milagros Natural, dari Nagarey; 5. Display cabinet Moduuli, dari Vivere; 6. Karpet Azilal, dari Oltjikko; 7. Side table Lapland, dari Ifurnholic; 8. Changing table Sundvik, dari Ikea.
(Foto: Dok. Moooi, Cotonnier, Fabelio, Nagarey, Vivere, Oltjikko, Ifurnholic, Ikea, Oilo Studio, Théophile & Patachou)