Di tengah tren desain rumah bergaya modern dan minimalis, palet warna lembut atau pastel kerap menjadi pilihan populer di kalangan umum. Namun, selain corak warna tersebut, CASA Indonesia ingin berbagi inspirasi kombinasi warna yang tak kalah keren serta cocok bagi yang tinggal di area tropis. Warna tersebut adalah warna terakota yang sering terlihat pada hunianyang menerapkan konsep ekspos material, unfinished, ataupun industrial.

Dengan warna menyerupai tanah merah atau bata, ini tak menutup kemungkinan dalam menghadirkan suasana hunian yang modern bahkan menggemaskan melalui warna ini. Lalu, tips desain apa saja yang bisa dilakukan melalui kombinasi warna terakota untuk rumah tropis?





1. Go basic

Seperti yang disebut sebelumnya, warna terakota kerap muncul dalam desain rumah dengan mengekspos material bata merah. Tersusun sedemikian rupa, bata seringkali hadir pada dinding interior ataupun roster pada fasad. Kombinasi terlazim untuk warna terakota dalam desain seperti ini adalah warna abu-abu yang berasal dari concrete saat diekspos atau dikenal dengan konsep unfinished.



Ernest Theofilus / STUDIE


2. Ilusi warna lebih cerah

Warna terakota pada bata cenderung terlihat gelap terutama usai terkena air saat diterapkan pada bagian eksterior rumah. Siasat untuk mencerahkan warna ini adalah dengan mengombinasikannya dengan cat warna putih pada bagian luar bangunan. Permukaan berwarna putih mampu menyebarkan sinar matahari yang terpantul pada permukaannya. Sehingga menimbulkan efek lebih terang bagi bidang warna terakota yang tersambung dengannya.



Minq Bui / Flex Atelier


3. Taman rooftop ala drama korea

Sebagian area lantai dua dapat disulap menjadi taman rooftop dengan menerapkan permukaan kayu sebagai material utama lantainya. Usai diisi dengan furnitur khusus untuk outdoor, railing juga wajib dipasang guna menjaga keamanan di sekeliling area ini. Namun, Anda tidak boleh lupa untuk mempersiapkan naungan berupa gazebo atau parasol yang dapat dibuka saat sinar matahari sedang terik ataupun hujan, sehingga tidak mengganggu kenyamanan saat bersantai di rooftop.



Darris Harris / Blender Architecture, Mia Rao Design


Baca juga, 10 Tips Membuat Rooftop Garden Lengkap dengan Gambar


4. Little accent

Punya sudut rumah yang diisi banyak tanaman hijau? Jika dinding di sekitarnya hanya diberi warna putih, mungkin area ini bisa terlihat kurang hidup. Maka, sedikit permainan pola dan warna bisa Anda coba terapkan untuk menghidupkan suasana di taman mini dalam rumah. Warna terakota bisa menjadi warna aksen dengan ukuran yang tidak terlalu besar agar tidak memberikan kesan overwhelming saat dipadukan dengan corak warna yang lebih muda.



Sensibly Curated


5. Applied smartly

Keramik berwarna terakota cenderung gelap, maka dari itu Anda bisa terapkan hanya di salah satu dinding ruangan saja. Agar semakin melembutkan warna tersebut, elemen aksen yang manis dapat dihadirkan pada countertop yang terbuat dari teraso. Lalu, sebagai finishing touch, letakkan rak handuk kekinian sebagai elemen dekor di kamar mandi. Voila!



Dion Robeson / Nic Brunsdon


6. Ala mid-century modern

Konsep yang sedang hits di kalangan selebritas Korea Selatan belakangan ini adalah mid-century modern. Identik dengan elemen stainless steel dan pilihan warna berkesan retro, warna terakota kerap kali berkaitan erat dengan konsep ini. Jika ingin menerapkan warna ini di area dapur, Anda dapat menyuntikkannya pada pintu kabinet. Dengan satu warna solid pada kabinet bawah, dapur pun terlihat lebih menggugah semangat untuk masak-masak di ruangan ini.





Pion Studio / KW Studio


Baca juga, Hanya dengan 1 Warna! Dapur Gaya Modern Terlihat Indah


7. Si biru kalem

Elemen warna biru dongker dapat menciptakan kesan lebih lembut serta sejuk bagi interior rumah yang mengekspos bata pada dindingnya. Namun, agar warna ini tidak mendominasi dan menciptakan kesan gloomy, Anda cukup memilih satu elemen dekorasi seperti karpet sebagai media penerapannya. Selanjutnya, warna biru dapat ditampilkan melalui aksen kecil seperti motif bantal ataupun rangkaian kolase lukisan berukuran kecil.



MAD Factory / KWCA – Kosala Weerasekara Chartered Architects


8. Kombinasi furnitur earth tone

Jika warna terakota dari bata serta permukaan kayu menjadi elemen dasar dalam interior tempat tinggal, turunan warna dalam earth tone bisa dijadikan acuan saat memilih furnitur. Beberapa pilihan warnanya adalah kuning, coklat, biru, hingga jingga. Jadi, jika memiliki elemen dasar yang dominan serta cenderung gelap, bukan berarti menutup kemungkinan untuk berkreasi menggunakan furnitur yang berwarna cerah seperti kuning. Ini justru membantu menghidupkan suasana interior sehingga tidak terkesan terlalu kaku.



Shamanth Patil J. / TechnoArchitecture


9. Small touch

Warna terakota tak harus selalu menjadi warna dominan. Dalam interior rumah dengan gaya modern, warna ini bisa hadir melalui sentuhan furnitur maupun aksesori dekorasi untuk memberikan spirit terhadap interior yang dominan dengan warna putih serta abu-abu. Contohnya, dudukan kursi makan ataupun bantal di sofa ruang keluarga bisa menggunakan warna terakota sebagai sentuhan sederhana pada desain interior rumah.



Sala 2 Arquitetura e design


10. Kanvas bagi karya seni favorit

Merasa hampa saat melihat dinding bata berwarna terakota yang kosong tanpa elemen desain apapun? Bidang ini dapat diisi dengan lukisan bergaya abstrak berkarakter tegas agar tidak kalah dengan latar belakangnya. Sebaiknya pilih karya dengan ukuran yang besar sehingga Anda tak perlu meletakkan furnitur atau dekorasi lainnya di bidang ini. Dengan demikian, permukaan terisi dengan baik tanpa berkesan terlalu banyak barang atau tacky.



Lawrence Choo / Choo Gim Wah Architect


Foto teaser: Bobby Clark