Tak hanya berfungsi sebagai dekorasi di dalam ruangan, ternyata tanaman hias juga bisa berfungsi sebagai pembersih udara -- menyaring udara dari debu, polutan, dan racun, agar menjadi lebih bersih ketika dihirup. Para ahli menyimpulkan bahwa keberadaan tanaman pembersih udara dapat membantu mendetoksifikasi udara di rumah Anda. 


Sebuah studi udara bersih yang dilakukan oleh NASA, menemukan bahwa terdapat sejumlah tanaman pembersih udara yang dapat membantu mendetoksifikasi rumah Anda dari racun, debu, dan kuman di udara. 





Sebuah studi lanjutan pada tahun 2019 mengkonfirmasi bahwa, keberadaan tanaman pembersih udara dalam ruangan memberikan perubahan kualitas udara yang signifikan hingga 93 persen. 


Untuk memberi rumah Anda udara yang sehat dan bersih, inilah daftar tanaman pembersih udara yang sudah CASA Indonesia rangkum untuk Anda. 


1. English ivy

tanaman pembersih udara

(bilabambi.com)


English ivy adalah salah satu tanaman hias yang sangat efektif untuk mengurangi partikel kotoran dan racun di udara. Ini termasuk, benzena, karbon monoksida, formaldehida, trikloroetilen, dan banyak masih lagi. Tak heran jika tanaman English ivy tergolong ke dalam tanaman pembersih udara di dalam ruangan terbaik. 


Selain itu, penelitian telah menunjukkan bahwa English ivy juga dapat membantu memerangi tingkat jamur di rumah. Tanaman ini akan terlihat sangat indah -- sekaligus bisa sebagai dekorasi ruangan -- tumbuh subur di pot gantung 


Saran perawatan: Berikan English ivy penyiraman yang melimpah -- terutama saat musim panas -- dan sinar matahari langsung selama empat jam sehari. 


2. Lidah mertua (snake plant atau mother-in-law’s tongue)

tanaman pembersih udara

(anselandivy.com)

Sudah menjadi rahasia umum, jika tanaman lidah mertua termasuk tanaman pembersih udara yang dapat menyaring udara dan menyerap racun seperti formaldehida, nitrogen oksida, benzena, xilena, dan trikloroetilen. Ini dapat membuat udara di rumah Anda lebih bersih. 


Tanaman lidah mertua juga merupakan salah satu dari sedikit tanaman yang dapat mengubah karbon dioksida (CO2) menjadi oksigen di malam hari. Kualitas inilah yang menjadikan tanaman ini ideal diletakkan di kamar tidur karena dapat membantu mengatur aliran udara yang sehat dan membantu Anda tidur lebih nyenyak -- bernapas dengan udara yang lebih sehat saat tidur.


Saran perawatan: Berhati-hatilah untuk tidak menyiram tanaman lidah mertua terlalu banyak, karena akarnya cenderung mudah membusuk di tanah yang lembap.


3. Spider plant

tanaman pembersih udara

(houseofplants.co.uk)


Spider plant adalah pilihan tanaman hias sempurna untuk pemula. Ini karena, Spider plant termasuk tanaman hias yang tangguh, dapat tumbuh dengan baik di bawah sinar matahari tidak langsung dan bertahan dalam kondisi apa pun. Selain sebagai dekorasi, Spider plant juga dapat membantu menyaring udara dan racun seperti formaldehida, karbon monoksida, dan xilena. 


Saran perawatan: Siram Spider plant Anda dua hingga tiga kali dalam seminggu.


4. Broadleaf lady palms 


(hortology.co.uk)


Tanaman Broadleaf lady palms telah terbukti mampu menghilangkan racun di udara yang berada dalam rumah, termasuk amonia, formaldehida, xilena, dan karbon dioksida. Meletakkan tanaman ini di dalam ruangan akan membuat udara di rumah Anda menjadi lebih bersih dan lebih aman untuk dihirup. Broadleaf lady palms tergolong tanaman yang mudah dirawat, membuatnya menjadi pilihan yang tepat untuk pemula. 


Saran perawatan: Meskipun tanaman ini menyukai kelembapan, menyiram terlalu banyak air justru akan membusukkan akar -- secukupnya saja. Broadleaf lady palms dapat tumbuh subur dalam segala jenis cahaya, mulai cahaya teduh hingga cahaya matahari penuh. Namun hasil terbaik ditemukan di bawah cahaya matahari penuh, tetapi tidak langsung.


5. Chinese evergreen (Aglaonema)

tanaman pembersih udara

(wanderlostandfound.com)


Tanaman pembersih udara di dalam ruangan berikutnya yaitu Chinese evergreen, atau lebih dikenal sebagai Aglaonema, atau Sri rejeki. Tanaman ini cukup populer di kalangan penyuka tanaman hias. Aglaonema terbukti efektif sebagai pembersih udara dengan menyaring racun, termasuk formaldehida dan benzena.


Saran perawatan: Merawat Aglaonema terbilang cukup mudah dan memiliki daya tahan yang cukup baik. Tanaman ini dapat tumbuh di dalam ruangan dengan kondisi pencahayaan yang rendah dengan kelembapan tinggi sekalipun. Siram Aglaonema sekali setiap minggu dengan air secukupnya. 


6. Rubber plant

tanaman pembersih udara

(anselandivy.com)




Rubber plant termasuk tanaman hias rendah perawatan yang menjadi salah satu yang tanaman paling populer, berkat penampilannya yang mencolok. Penelitian sebelumnya melaporkan bahwa Rubber plant telah direkomendasikan oleh NASA sebagai salah satu tanaman terbaik untuk membantu membersihkan udara dengan menyaring racun, termasuk karbon monoksida, formaldehida, trichloroethylene, dan masih banyak lagi. 


Saran perawatan: Rubber plant dapat tumbuh dengan baik pada kondisi cahaya tidak langsung sedang hingga terang, dan siram dengan air secukupnya. Tanaman ini sangat cocok diletakkan di dekat jendela -- mendapatkan cahaya tidak langsung sedang hingga terang.


7. Bamboo palm

tanaman pembersih udara

(bloomscape.com)


Jika Anda sedang mencari tanaman hias yang cocok diletakkan di ruang tamu untuk mempercantik sekaligus membersihkan udara di dalam ruangan, Bamboo palm mungkin bisa menjadi pilihannya. Keberadaan tanaman ini bisa menjadi focal point yang sempurna untuk ruang tamu Anda, sekaligus menyaring racun seperti formaldehida, benzena, karbon monoksida, xilena, dan kloroform sehingga membuat udara di dalam ruangan lebih bersih dan sehat. 


Saran perawatan: Bamboo palm menyukai sinar matahari yang terang, tetapi tidak langsung. Jaga agar tanah tetap lembap, bukan basah -- Bamboo palm tidak menyukai tanah yang basah atau menggenang. Tanah yang basah justru akan membuat akar lebih mudah busuk. 


8. Dracaena


(peppyflora.com)


Dracaena adalah tanaman yang berasal dari hutan di Afrika, dan salah satu tanaman hias paling efektif untuk pemurnian udara. Tanaman ini dapat menghilangkan racun seperti formaldehida, benzena, trikloroetilen, dan karbon dioksida, yang dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan di antaranya sakit kepala, masalah pernapasan, anemia, penyakit sumsum, dan penyakit ginjal.


Selain menjaga udara di dalam ruangan tetap sehat dan bersih, tampilannya yang sangat mencolok juga bisa mempercantik ruangan. 


Saran perawatan: Dalam merawat Dracaena, jaga agar tanah tetap lembap, tetapi tidak basah. Daun yang terkulai atau menguning menandakan penyiraman yang berlebihan atau drainase yang buruk. Letakkan tanaman Dracaena di tempat dengan kondisi cahaya matahari terang tidak langsung, seperti di dekat jendela. 


9. Peace lily

tanaman pembersih udara

(Etsy.com)


Ini adalah tanaman hias favorit untuk dekorasi ruangan dan pembersih udara. Peace lily dapat membantu menyaring senyawa berbahaya tertentu. NASA dan Associated Landscape Contractors of America mencatat bahwa Peace lily adalah salah satu dari tiga tanaman teratas yang mampu menghilangkan racun di udara, termasuk formaldehida, benzena, trikloroetilen, xilena, dan amona


Tak hanya itu saja, Peace lily juga mampu meningkatkan kelembapan, membantu Anda bernapas dengan lebih baik, dan membantu tidur lebih nyenyak dengan menyerap spora jamur di udara yang menjadi salah satu penyebab alergen paling umum. Keindahan tanaman ini juga dikenal bisa membawa ketenangan dengan meredakan stres pada pikiran.  


Saran perawatan: Peace lily dapat mentolerir tanah kering dalam waktu singkat, tetapi daunnya akan berubah menjadi warna cokelat jika diabaikan terlalu lama. Agar dapat tumbuh subur, letakkan tanaman Peace lily di tempat yang terang dengan cahaya matahari tidak langsung dan jaga tanah tetap lembap.


10. Pothos

tanaman pembersih udara

(anselandivy.com)


Pothos, atau dikenal juga sebagai Devil’s ivy, merupakan salah satu tanaman pembersih udara dalam ruangan yang paling efektif untuk menghilangkan racun umum di udara. Menurut studi udara bersih yang dilakukan oleh NASA, tanaman Pothos dapat menghilangkan polutan seperti benzena, toluena, formaldehida, karbon monoksida dan xilena dari udara, sekaligus membantu menghilangkan bau tak sedap. 


Saran perawatan: Tanaman Pothos bisa dibilang paling mudah untuk tumbuh -- dapat bertumbuh dengan perawatan rendah dan memiliki toleransi terhadap kondisi cahaya rendah -- sehingga sangat cocok bagi pemula. Meskipun begitu, untuk hasil terbaik letakkan tanaman Pothos di tempat yang terang dengan cahaya matahari tidak langsung, dan siram setiap minggu dengan air secukupnya, atau setiap kali tanah terasa kering.


11. Krisan (Chrysanthemum morifolium)

tanaman pembersih udara

(Jill Burrow / pexels.com)


Bunga krisan, atau Chrysanthemum morifolium, menempati posisi tertinggi dalam daftar tanaman pembersih udara. Tanaman ini terbukti menghilangkan racun umum, termasuk amonia, benzena, formaldehida, dan xilena. 


Meskipun termasuk ke dalam tanaman pembersih udara terbaik, proses pembersihan udara pada bunga krisan sangat bergantung dengan bunganya, yang hanya akan bertahan selama enam minggu. Setelah itu, Anda harus menyuburkan lagi tanahnya agar bunga krisan dapat mekar kembali. 


(Teaser: Tiia Pakk on pexels.com)