Pasti banyak yang sudah tidak asing lagi dengan drama korea yang satu ini, Hometown Cha-Cha-Cha! Serial komedi romantis dari tvn ini berhasil menjadi drama korea yang ramai dibicarakan sejak ditayangkan pada 28 Agustus 2021.


Selain tingkah Du Sik dan dr. Yoon yang selalu membuat penonton terpana dan baper, Hometown Cha-Cha-Cha juga sering membuat penonton setia salfok dengan gaya interior rumah dr. Yoon yang super estetik. Yuk kita intip gaya desain rumahnya!





1. Living Room


tvn

Pada bagian living room, dr. Yoon menggunakan gaya interior modern bercampur dengan gaya mid century yang sekarang sedang hits di Korea Selatan.

Gaya interior ini mendeskripsikan gaya desain pada pertengahan tahun 1950-an, yang kerap digunakan pada tahun 1945 hingga 1980 yang  identik dengan desain sederhana.

Penggunaan cat berwarna putih serta bukaan pada ruangan berfungsi agar ruang yang tergolong sempit ini dapat berkesan lebar. Selain itu penggunaan lantai kayu berwarna coklat digunakan agar memberi kesan hangat pada ruangan.


Reddit.com

Tips pertama yang dapat diambil pada desain living room dr. Yoon adalah penggunaan furnitur yang compact dan lebih mementingkan fungsionalitas seperti meja kecil, TV yang diletakan pada permukaan tembok dan pemilihan sofa yang tidak terlalu besar sehingga membuat ruangan menjadi tampak luas.


Reddit.com

Selain itu tips menarik lainnya adalah penambahan unsur hijau atau vegetasi pada ruangan agar memberi kesegaran dan efek rileks pada ruangan. Tanaman yang dapat dipakai pada interior rumah antara lain adalah monstera delicosa, sansevieria (lidah mertua), spider plants dan masih banyak lagi.


2. Kitchen


tvn

Karena rumah dr. Yoon tergolong rumah yang kecil maka dapur pada rumah ini memiliki konsep yang menyatu dengan living room yang dipisahkan melalui adanya dining table. Penggunaan kabinet dapur dengan gaya flat berguna untuk menambah kesan minimalis pada ruangan serta penggunaan warna lime green pada kabinet yang membuat ruangan berkesan vintage dan lembut.



Siganture Designs

Dan satu hal lagi yang unik dari desain dapur ini adalah fungsi laundry room yang bersatu dengan kitchen. Hal ini memang kerap kali digunakan pada rumah-rumah yang tidak mempunyai lahan yang cukup luas agar tidak terlalu memakan banyak ruang pada rumah. Bagi Anda yang ingin menerapkan konsep ini beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah peletakan kompor dan mesin cuci serta jalur utilitas listrik dan air pada ruangan.


3. Bedroom


tvn

Masih dengan gaya yang sama yaitu mid modern century, desain kamar pada rumah dr. Yoon sangat memikat hati para penonton karena desainnya yang sangat estetik. Beberapa tips yang dapat diambil dari desain kamar ini adalah:






Tips pertama dari CASA Indonesia yang dapat diambil dari desain kamar dr. Yoon adalah penggunaan furnitur yang minim pada ruangan sehingga ruangan tidak terlihat sempit. Furniture yang ada pada ruangan ini hadir berdasarkan fungsinya seperti kasur, meja rias dan juga meja kerja yang selalu dr. Yoon pakai setiap harinya.



Suvaco

Tips kedua yang membuat ruangan ini terkesan luas adalah penggunaan pintu geser pada kamar. Penggunaan pintu geser dengan material frosted glass ini juga menjadikan ruangan tampak luas namun privasi pada kamar tetap terjaga sebab kaca yang digunakan bersifatat blur.


Room and Board

Tips ketiga dari CASA Indonesia adalah menggunakan bukaan pada kamar. Aspek ini sangat penting loh!Bukaan pada kamar berfungsi sebagai jalur masuknya udara serta pencahayaan alami pada ruang sehingga ruang menjadi lebih sehat dan juga sebagai salah satu cara untuk menghemat energi. Selain itu penggunaan bukaan juga dapat memberi kesan luas dan dapat mempercantik ruangan melalui light shading yang ada pada ruangan.




Tips terakhir yaitu penggunaan material alami seperti kayu dan warna netral pada ruangan juga memberikan kesan hangat. Kamar yang memiliki fungsi sebagai tempat istirahat dan berelaksasi rasanya sangat cocok menggunakan warna netral sebab warna ini juga dapat memberi kesan rileks dan santai bagi para penggunanya.


Selain itu, CASA Indonesia juga sudah merangkum inspirasi furniture yang dipakai pada rumah dr. Yoon yang dapat Anda gunakan. Berikut rangkumannya: 


1. Sofa 

CASA Indonesia menyarankan Anda menggunakan sofa yang memiliki kaki dibawahnya, berbentuk ramping, serta sofa dengan warna netral seperti putih, abu-abu, dan juga coklat agar ruangan tidak terkesan sempit.

Kare Design



Grilli

2. Meja Rias

Agar desain ruang tidak monoton, Anda dapat menggunakan meja rias dengan cermin yang berbentuk lingkaran agar ruangan terkesan dinamis juga desain meja rias yang ramping agar tidak memakan banyak space pada ruang.

Poltrona Frau

3. Tempat Tidur

Untuk inspirasi tempat tidur, CASA Indonesia menyarankan menggunakan tempat tidur yang memiliki kaki sama halnya seperti sofa agar lebih terlihat ramping sehingga menimbulkan kesan luas pada ruangan.

Sixay Furniture

Sicis


Sumber Foto Teaser: tvn
Teks Oleh: Najwa Chika Salsabila