Hospital Playlist season 2 sudah tamat. Jadi, Anda termasuk yang pasrah terima akhir cerita yang dibuat Shin Won Ho PD atau ingin cerita ini berlanjut ke season 3?


Kubu manapun yang Anda pilih, ini tak mengubah fakta bahwa pada September 2021 drama korea hits Hospital Playlist telah berakhir. Drama garapan produser Shin Won Ho yang dikenal lewat Reply Series ini menceritakan kehidupan sehari-hari para personil profesional di sebuah rumah sakit bernama Yulje. Secara garis besar, cerita berpusat pada lima sekawan yang diperankan oleh Jo Jung Seok, Jeon Mi Do, Jung Kyung Ho, Yoo Yeon Seok, dan Kim Dae Myeung. 





Rahasia Menarik Di Balik Hospital Playlist 2


Selain chemistry yang begitu akrab serta humoris, kelima profesor yang memiliki spesialisasi berbeda-beda ini juga dikenal dengan keterampilan musiknya saat bermain dalam band dan seringkali dipanggil sebagai 99s karena mereka berada di angkatan 1999 saat kuliah. Tapi, apa ini sajakah hal menarik yang dimiliki drama Hospital Playlist? Tentu saja tidak. Yuk simak rahasia menarik lainnya di balik Hospital Playlist yang wajib diketahui fans.


Psst! Watch out for spoilers


1. Ternyata itu CGI!

Saat mendengar istilah CGI (Computer Generated Imagery), hal pertama yang mungkin Anda bayangkan adalah animasi dengan desain fantastis dan terlihat begitu nyata dalam film fiksi seperti Harry Potter ataupun Lord of The Ring. Namun, dalam produksi drama korea yang menceritakan kehidupan modern masa kini, ternyata juga turut menggunakan CGI pada beberapa detail untuk melengkapi cerita. Begitu pula di Hospital Playlist.


Rahasia Menarik Di Balik Hospital Playlist 3


Salah satu momen tak terduga yang menggunakan CGI adalah adegan Song Hwa yang tengah menenangkan salah satu pasien di dalam lift di season 1. Lift sebenarnya tidak bergerak namun hanya ditempeli layar hijau di dinding kacanya. Lalu, saat post production diedit sehingga seolah lift sedang bergerak turun.


Rahasia Menarik Di Balik Hospital Playlist 4

Before


Rahasia Menarik Di Balik Hospital Playlist 5

After


Proses edit yang lebih menarik serta lucu adalah penambahan bola ping pong saat kompetisi olahraga di Rumah Sakit Yulje di season 2. Di dalam drama, pertandingan final yang diikuti tim general surgeon yang diwakili oleh Lee Ikjun terlihat begitu seru dengan rally panjang yang tiada akhir dan menegangkan.


Rahasia Menarik Di Balik Hospital Playlist 6


Nyatanya, saat proses syuting, keempat aktor hanya berakting seolah-olah bermain menggunakan bola ping pong asli yang akhirnya mengundang tawa di set drama usai produser meneriakkan kata Cut!


Rahasia Menarik Di Balik Hospital Playlist 7

Rahasia Menarik Di Balik Hospital Playlist 8



2. Hampir semua episode di season 2 mengundang cameo aktor ternama

Salah satu cameo yang tak bisa dilupakan adalah aktor Sun Dongil yang hadir sebagai kakak tertua dari Andrea alias Ahn Jeong Won. Tak bisa dipungkiri bahwa jika memikirkan drama buatan Shin Won Ho, kehadiran aktor ini pasti selalu ditunggu-tunggu, baik sebagai pemeran utama ataupun cameo.


Rahasia Menarik Di Balik Hospital Playlist 9

Sun Dongil


Selain beliau, aktris Cha Cung Hwa yang dikenal lewat karakter yang kocak sebagai ibu-ibu berasal dari Korea Utara dalam drama Crash Landing on You juga hadir mengungkapkan kesedihannya kepada Gyeoul. Begitu pula dengan Jang Hye Jin sebagai ibu dari dokter Chu Minha sekaligus pemilik pension yang dikunjungi Yang Seok Hyung dan Kim Jun Hwan yang terkenal sebagai ibu dalam film fenomenal Parasite.


Rahasia Menarik Di Balik Hospital Playlist 10

Cha Cung Hwa & Jang Hye Jin


Cross universe dengan seri drama lain ciptaan Shin Won Ho juga terjadi dengan kehadiran Lee Kyu Hyung dan Ahn Chang Hwan dari drama Prison Playbook serta kepala sekolah Yoo Jae Myung dari drama Reply 1988.


Rahasia Menarik Di Balik Hospital Playlist 11

Lee Kyu Hyung, Ahn Chang Wan, Park Hyoung Soo dari Prison Playbook


Rahasia Menarik Di Balik Hospital Playlist 12

Yoo Jae Myung, Kim Sung Kyun dari Reply 1988


Namun, cameo mengejutkan serta paling kocak adalah saat Na Yeong Seok PD yang dikenal sebagai jagoan dalam memproduksi variety show di korea tampil sebagai ayah Mo Ne atau ayah mertua dari Woo Joo. Kejutan ini bisa direalisasikan karena sebenarnya produser Na Yeong Seok serta Shin Won Ho berada dalam production house yang sama dan kerap mengundang aktor-aktor pentolan drama Shin PD dalam variety show hits yang digarap Na PD.


Rahasia Menarik Di Balik Hospital Playlist 13

Na Yeong Seok PD bersama Woo Joo dan Lee Ikjun


Selain deretan di atas, Kim Jun Han yang memerankan karakter dokter Ahn Chi Hong di season 1 hadir sekilas di akhir cerita season 2 begitu pula peraih medali olimpiade dalam table tennis Hyun Jung Hwa serta Joo Sae Hyuk. Tak luput pula, aktris Go Ara dari Reply 1994, orang tua Choi Taek dalam Reply 1988, serta beberapa deretan aktor ternama lainnya juga pernah hadir di season 1 Hospital Playlist.


Rahasia Menarik Di Balik Hospital Playlist 14

(Di tengah) Hyun Jung Hwa & Joo Sae Hyuk 


Rahasia Menarik Di Balik Hospital Playlist 15

Choi Moo Sung & Kim Sun Young, orang tua Choi Taek di Reply 1988


Rahasia Menarik Di Balik Hospital Playlist 16

Antara Jeong Rosa & Ahn Jeong Won: Sun Dongil, Ye Ji Won, Kim Sung Kyun, dan Yoonah


3. Wah, Woo Joo mendadak jadi tinggi banget!

Dalam dunia drama tentunya seperti tak ada jeda waktu antara cerita di akhir season 1 dan awal cerita season 2. Namun, saat melihat Woo Joo, anak Lee Ikjun, yang tiba-tiba tumbuh tinggi mungkin Anda baru ngeh kalau ada hal yang sedikit aneh. Keanehan ini ditutup dengan dialog Lee Ikjun yang dengan ceria mengatakan anaknya seolah-olah tumbuh tinggi tiba-tiba dalam waktu semalam. 


Rahasia Menarik Di Balik Hospital Playlist 17

Woo Joo di season 1


Ini terjadi karena syuting untuk season 1 sebenarnya telah berakhir pada perempat akhir di tahun 2020. Namun, season 2 baru mulai syuting sekitar minggu ketiga Januari 2021 akibat melonjaknya kasus covid-19 di korea yang tentunya memberikan jeda yang lumayan lama sehingga tak heran jika Woo Joo yang diperankan oleh aktor cilik Kim Jun sudah tumbuh berkembang menjadi lebih tinggi.


Rahasia Menarik Di Balik Hospital Playlist 18

Woo Joo di season 2




4. Sifat Ahn Jeong Won dan Yoo Yeon Seok yang sama persis

Yoo Yeon Seok yang dianggap maknae dalam geng Mido and Falasol dikenal sebagai maknae on top karena semua aktivitas lima sekawan ini seringnya dicetuskan serta direncanakan oleh dirinya dan keempat aktor lainnya pasti nurut untuk mengikutinya. Antusiasme aktor yang juga populer akibat drama kedokteran Dr. Romantic ini dikenal memiliki banyak hobi dan sangat aktif seperti halnya Ahn Jeong Won. 


Rahasia Menarik Di Balik Hospital Playlist 19

Acara Coffee Friends


Rahasia Menarik Di Balik Hospital Playlist 20

Yoo Yeon Seok di musikal


Selain aktif sebagai aktor di layar kaca serta musikal, ia juga gemar masak yang pernah ditunjukkan dalam reality show Coffee Friends dan K-Ocean Pathfinder. Tak hanya itu saja, aktor kelahiran 1984 ini juga menyukai camping yang terlihat dalam channel Youtube pribadinya. Aktifnya Yoo Yeon Seok terlihat begitu serupa dengan Andrea yang juga gemar mencoba banyak hal, dimulai dari bermain drum, hiking, maraton, surfing, masak bersama ibunya, dan masih banyak lagi.


Rahasia Menarik Di Balik Hospital Playlist 21


Baca juga, Hospital Playlist: Intip Apartemen Jung Won & Gyeoul di US


5. Jeong Rosa latihan khusus demi bermain dalam band 99s

Siapa yang takjub saat melihat permainan keyboard Jeong Rosa bersama band 99s dalam memainkan lagu Is It Still Beautiful oleh Kim Yeon Woo? Demi surprise project ini, ibu Ahn Jeong Won ternyata berlatih khusus selama 100 hari sebelum hari syuting.


Rahasia Menarik Di Balik Hospital Playlist 22

Rahasia Menarik Di Balik Hospital Playlist 23


Ide untuk mengajak Rosa debut dalam band 99s ini awalnya disembunyikan oleh tim produksi dari para aktor yang lain. Walaupun sudah lama tidak main keyboard, dalam waktu sekitar 3 bulan aktris Kim Hae Sook berhasil memainkan lagu hits di tahun 1999 ini dan berlatih bersama dengan 99s. Perjuangan beliau turut mengundang haru personil band lainnya usai syuting adegan ini.


Rahasia Menarik Di Balik Hospital Playlist 24

Rahasia Menarik Di Balik Hospital Playlist 25


6. Lokasi kerja dan liburan

Demi syuting drama Hospital Playlist, sebuah komplek bangunan diciptakan sebagai set utama drama ini. Berada di lokasi yang terletak di pinggir kota serta dikelilingi dengan lingkungan hijau yang lumayan rimbun, kelima dokter diajak untuk camping di pinggir taman dalam lokasi syuting ini. Ide ini tercetus dalam salah satu team dinner oleh Yoo Yeon Seok yang ingin camping bersama noona dan hyung.


Rahasia Menarik Di Balik Hospital Playlist 26


Siapa sangka bahwa keinginan ini benar-benar diwujudkan oleh Na PD yang dikenal dengan seri variety show Game Caterer dalam channel Youtube 15 ya. Kenapa lokasi ini dipilih menjadi tempat camping? Ini demi memudahkan mobilisasi para aktor yang sedang dalam persiapan syuting season 2. Selain itu, akibat keempat aktor yang ternyata belum pernah camping, menggunakan tempat kerja mereka sebagai tempat liburan singkat dirasa lebih aman serta memudahkan. Kelakukan yang kocak serta penuh canda tawa di antara Mido and Falasol dihadirkan dalam 7 episode spesial yang bisa Anda nikmati dalam channel 15 ya.


Rahasia Menarik Di Balik Hospital Playlist 27


Baca juga, Bukan Rumah Sakit! Intip Lokasi Drama Hospital Playlist


7. Beneran belajar di rumah sakit

Tahukah Anda kalau para pemeran dokter dalam drama Hospital Playlist diminta untuk melakukan observasi di rumah sakit sebelum proses syuting? Dalam episode 17 behind the scene persiapan syuting untuk season 1, para aktor tampak berbagi pengalaman observasi mereka selama di rumah sakit saat sesi reading.


Rahasia Menarik Di Balik Hospital Playlist 28

 

Usai melihat kehidupan asli dokter sesuai dengan spesialisasi yang dimiliki perannya, mereka menjadi sadar bahwa hal yang membuat drama ini terlihat lebih autentik adalah penggunaan istilah medis dalam bentuk singkat seperti yang kerap dilakukan dokter di rumah sakit. Maka dari itu, tak heran jika Anda akan selalu menemukan caption di sudut kiri layar guna menjelaskan singkatan serta arti dari istilah medis yang digunakan dalam dialog para dokter serta suster. 


Rahasia Menarik Di Balik Hospital Playlist 29



8. Sechkies pernah numpang syuting di lokasi Hospital Playlist

Kembali berkaitan dengan acara variety show yang dibuat Na PD, dalam acara Yoo Hee Youl x Sechkies, composer ini berjanji untuk menciptakan lagu untuk Eun Jiwon, entertainer sekaligus leader dari grup Sechkies. Namun, namanya juga Na PD, skala produksi proyek ini mendadak semakin meluas hingga akhirnya melibatkan Shin PD.


Rahasia Menarik Di Balik Hospital Playlist 30

Shin Won Ho PD & Jang Su Won dari Sechkies


Di tengah syuting Hospital Playlist season 2, Shin PD ditodong oleh Na PD untuk membantu grup kpop legendaris ini dalam menggarap video klip lagu Don't Look Back.


Rahasia Menarik Di Balik Hospital Playlist 31


Demi menghemat waktu serta biaya, kedua produser memutuskan untuk menggunakan rumah sakit Yulje sebagai lokasi syuting serta props yang sudah ada. Bahkan sejumlah camera director serta staff dari drama ikut dikerahkan demi menyelesaikan syuting dadakan ini. Dinobatkan sebagai video klip lagu yang pertama kali dibuat oleh Shin PD, produser ini sebenarnya juga memiliki hubungan akrab dengan Eun Ji Won yang pernah menjadi salah satu pemeran utama dalam Reply 1997.


Rahasia Menarik Di Balik Hospital Playlist 32

Eun Ji Won menerima arahan dari Shin PD


9. Butuh 22 tahun sebelum kapal couple ini berlayar

Salah satu couple yang diperbincangkan dalam drama ini adalah Ikjun dan Songhwa. Bermulai dari sahabat sejak masuk kuliah, keduanya belum berjodoh untuk bersama saat di masa muda walaupun sebenarnya saling menyukai.


Rahasia Menarik Di Balik Hospital Playlist 33


Fast forward ke masa kini, setelah 22 tahun keduanya akhirnya bersatu menjadi sepasang kekasih walaupun sebelumnya Songhwa sempat menolak Ikjun karena tidak ingin mengorbankan pertemanan mereka selama ini. Walaupun demikian, lewat turning point tragis di season 2, Songhwa akhirnya menyatakan perasaannya ke Ikjun. Perkembangan kisah romantis Ikjun dan Songhwa selama dua dekade ini turut mengundang takjub para netizen yang telah menanti happy ending untuk pasangan ini.


Rahasia Menarik Di Balik Hospital Playlist 34



Sumber foto: tvN, 15ya